Olimpiade Musim Dingin 2018

Korut Tolak Pakai Ponsel Samsung Galaxy Note 8 dari Korsel

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 9 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Korea Utara menyatakan pihaknya enggan menggunakan ponsel Samsung Galaxy Note 8 yang disediakan oleh panitia di Olimpiade Musim Dingin 2018.
tirto.id - Dalam pagelaran Olimpiade Pyeongchang 2018 di Incheon Korea Selatan, atlet Korea Utara yang mengikuti Olimpiade Musim Dingin tersebut menolak menerima ponsel Samsung Galaxy Note 8 yang ditawarkan, dengan syarat dikembalikan lagi setelah Olimpiade menurut siaran media massa pada Jumat (9/2/3018).

Komite Olimpiade Internasional (International Olympic Committe/IOC) sebagai panitia penyelenggara menyediakan perangkat Galaxy Note 8 dari sponsor Olimpiade, Samsung, untuk semua atlet dan ofisial di Olimpiade, lengkap dengan informasi logistik dan kompetisi penting.

Samsung telah menyediakan sekitar 4.000 unit Samsung Galaxy Note 8 edisi Olimpiade kepada semua atlet dan pejabat Komite Olimpiade Internasional yang mengunjungi PyeongChang. Ada 22 atlet Korea Utara dan empat atlet Iran pada Olimpiade Musim Dingin 2018.


Penyelenggara awalnya mengatakan bahwa Korea Utara dan Iran akan dilarang menggunakan perangkat itu karena sanksi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) terhadap negara mereka.

IOC kemudian menyatakan bahwa perangkat itu akan disediakan selama Olimpiade, tetapi perwakilan kedua negara itu akan diminta untuk mengembalikannya setelah turnamen, dan tidak membawanya. Tidak dijelaskan bagaimana IOC akan memastikan kepatuhan terhadap tuntutan tersebut.

Namun kantor berita Yonhap mewartakan bahwa atlet Korea Utara di Olimpiade menolak ponsel tersebut. Tidak ada laporan spesifik mengenai alasan penolakan itu.

Larangan terhadap atlet Iran telah memicu kemarahan di Teheran, dan otoritas menyalahkan produsen karena situasi tersebut.

"Mengenai Iran, kami bisa mengonfirmasi bahwa semua peserta akan diperbolehkan membawa telepon," dalam sebuah pernyataan yang disampaikan IOC.

"Mengenai Korea Utara, semua peserta diminta tidak membawa pulang telepon ke negara mereka namun hanya menggunakannya selama mereka berada di Pyeongchang" menurut IOC.

Galaxy Note 8 yang disediakan untuk peserta dan ofisial Olimpiade harganya sekitar 1.000.000 won Korea Selatan (920 dolar AS) dan bisa menjadi pelanggaran terhadap kebijakan PBB melarang suplai barang mewah bagi Korea Utara.

Seorang juru bicara Samsung menekankan bahwa raksasa elektronik itu tidak tahu menahu mengenai pembagian telepon dan semua keputusannya ada di tangan IOC, demikian menurut siaran AFP.


Baca juga artikel terkait OLIMPIADE MUSIM DINGIN 2018 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Yandri Daniel Damaledo
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo