Korsel Beri Imbalan pada Pembelot Korut

Oleh: Mutaya Saroh - 6 Maret 2017
Korea Selatan (Korsel) akan memberikan imbalan hingga satu miliar won (sekitar Rp11,5 miliar) kepada para pembelot dari Korea Utara.
tirto.id - Korea Selatan (Korsel) akan memberikan imbalan hingga satu miliar won (sekitar Rp11,5 miliar) kepada para pembelot dari Korea Utara yang memiliki informasi rahasia mengenai negara tertutup itu.

Imbalan akan diberikan kepada mereka yang memberikan informasi intelijen dan informasi yang dapat meningkatkan keamanan Korea Selatan.

Seperti dilaporkan oleh Antara, Senin (6/3/2017) pemerintah Korsel saat ini menawarkan hingga 217.000 dolar AS (sekitar Rp2,90 miliar) kepada para pembelot dari Korea Utara yang memiliki informasi rahasia, tapi ini akan menjadi kenaikan imbalan uang pertama dalam dua dekade. Imbalan yang dibayarkan tergantung dari seberapa penting informasi intelijen itu.

Insentif tunai tersebut bertujuan mendorong lebih banyak anggota elite Korea Utara beralih ke Korea Selatan.

“Salah satu alasan terbesar mengapa warga Korea Utara ragu untuk membelot adalah karena mereka takut (bagaimana mereka akan mencari nafkah) setelah mereka datang ke Korea Selatan,” kata kata seorang pejabat kementerian Korsel.

Para pembelot dengan jabatan tinggi sudah menjadi sumber informasi intelijen penting mengenai pemerintah Pyongyang selama bertahun-tahun.

Pada Agustus 2016, mantan wakil duta besar Korea Utara untuk Inggris Thae Yong-Ho menjadi salah satu pembelot dengan jabatan tertinggi.

Baca juga artikel terkait KOREA SELATAN atau tulisan menarik lainnya Mutaya Saroh
(tirto.id - Politik)

Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh
DarkLight