Korlantas Rencanakan Sistem One Way di Arus Mudik dan Balik Lebaran

Oleh: Adi Briantika - 7 Mei 2019
Menurut Refdi, sistem one way akan diberlakukan saat puncak arus mudik pada H-3 yakni 31 Mei-2 Juni.
tirto.id - Kepolisian memprediksi animo masyarakat ihwal mudik Lebaran kali ini meningkat 30-40 persen dibanding tahun lalu. Korps Lalu Lintas Mabes Polri akan mengoptimalkan kinerja jelang Idul Fitri.

“Kami menganalisis, mengevaluasi dan memperkirakan yang paling tepat untuk saat ini. Kami akan berlakukan one way pada tanggal, hari dan jam tertentu pada ruas jalan tertentu pada arus mudik maupun arus balik,” ucap Kakorlantas Mabes Polri Irjen Pol Refdi Andri di Mabes Polri, Selasa (7/5/2019).

Menurut dia, sistem one way akan diberlakukan saat puncak arus mudik pada H-3 yakni 31 Mei-2 Juni, ruas jalan terdapat ialah KM 25 Cibitung hingga KM 262 Brebes Barat.

Untuk arus balik pada H+3 yakni 7 Juni-9 Juni, one way diberlakukan di KM 189 Palimanan hingga KM 29 atau KM 25. "Sehingga pergerakan kendaraan, orang dan barang di sekitar Jakarta atau di Jakarta tidak terganggu dengan pemberlakuan one way,” jelas Refdi.

Ia juga mengusulkan kepada pemerintah perihal pencanangan cuti bersama pada 31 Mei, bersama dengan cuti bersama pada 3, 4 dan 7 Juni mendatang.

Demikian juga pada saat arus balik, ide cuti bersama yang direncanakan pihaknya yaitu 7-9 Juni. “Mudah-mudahan itu bisa kami terapkan,” tambah Refdi.

Bekas Karoprovos Div Propam Polri ini berpendapat rapat hari ini dan rapat pada 5 Mei menyetujui sistem jalan satu arah.

Rapat diikuti oleh Menteri Perhubungan, Gubernur Jawa Tengah, Kapolda Jawa Tengah dan Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta. “Semua nampaknya sepakat dengan one way ini,” kata Refdi.


Baca juga artikel terkait MUDIK LEBARAN 2019 atau tulisan menarik lainnya Adi Briantika
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight