Konvoi Persija: Lalu Lintas dari Bundaran Senayan Dialihkan

Oleh: Damianus Andreas - 15 Desember 2018
Petugas kepolisian mengalihkan sejumlah jalur untuk rekayasa lalu lintas saat konvoi Persija yang dimulai Sabtu (15/12/2018) pagi.
tirto.id - Suporter Persija Jakarta yang hendak mengikuti konvoi kemenangan terus berdatangan. Meski pada informasi awal disebutkan bahwa konvoi dimulai pukul 09.00 WIB. Namun, ternyata rombongan konvoi mulai bergerak dari Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada sekitar pukul 08.30 WIB.

Konvoi suporter Persija ini akan melintasi sepanjang Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin.

Selanjutnya, konvoi akan berbelok ke Jalan Medan Merdeka Selatan untuk selanjutnya berhenti di Balai Kota DKI Jakarta.

Dari pantauan Tirto, peserta konvoi yang terus berdatangan menyebabkan kemacetan di sekitar mal FX Sudirman.

Pengguna jalan yang tidak ikut konvoi pun sempat tertahan di depan FX Sudirman karena Jalan Jenderal Sudirman diprioritaskan bagi peserta konvoi.

Sejumlah kendaraan roda dua pun akhirnya terlihat melintasi trotoar di depan FX Sudirman. Namun, tak berselang lama, sisi ujung trotoar langsung diberi palang oleh polisi yang berjaga supaya pengendara sepeda motor tidak bisa melanggar aturan.

“Buat kendaraan yang tidak ikut konvoi diarahkan belok kiri ke Jalan Pintu Satu Senayan, lalu ke Jalan Asia Afrika. Dari situ bisa lewat depan TVRI, untuk kemudian berbelok lewat depan Gedung DPR RI,” ucap salah seorang polisi bernama Sumardi kepada Tirto, hari ini (15/12/2018).

Lebih kurang 10-15 menit setelah pengalihan alur itu dilakukan, yakni pada 09.10 WIB, jalanan di depan FX Sudirman memang terlihat lebih lancar.

Kebijakan untuk mengalihkan lalu lintas ke arah Jalan Pintu Satu Senayan pun dilakukan, lantaran peserta konvoi yang datang dari arah Hotel Fairmont sudah mulai diarahkan untuk menggunakan satu sisi jalan saja.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2018 atau tulisan menarik lainnya Damianus Andreas
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Damianus Andreas
Penulis: Damianus Andreas
Editor: Maya Saputri
DarkLight