Kontribusi Kapolda Papua dalam Pemilihan Miss Eco Universe 2

- 6 April 2016
Dibaca Normal 1 menit
Keberhasilan Olvah Alhamid, runner-up Putri Indonesia 2015 asal Papua, dalam memenangkan predikat “best costume” dalam kompetisi Miss Eco Universe 2016 di Cairo, Mesir, tidak dapat dipisahkan dari peran Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw yang memintanya untuk menggunakan pakaian dari Papua. Irlen Paulus sendiri merupakan om dari Olvah Alhamid.
tirto.id - Keberhasilan Olvah Alhamid, runner-up Putri Indonesia 2015 asal Papua, dalam memenangkan predikat “best costume” dalam kompetisi Miss Eco Universe 2016 di Cairo, Mesir, tidak dapat dipisahkan dari peran Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw yang memintanya untuk menggunakan pakaian dari Papua. Irlen Paulus sendiri merupakan om dari Olvah Alhamid.

"Memang yang mengusulkan menggenakan pakaian bertema Papua adalah saya karena kita harus memperkenalkan budaya Papua, " kata Irjen Pol Paulus Waterpauw di Jayapura, Rabu, (6/4/2016).

Ia mengaku bahwa awalnya Olvah diminta untuk menggunakan pakaian khas Banyuwangi, sebelum dirinya mengusulkan agar keponakannya itu menggunakan busana yang lebih mencerminkan identitas, keindahan, dan kekayaan alam Papua.

Busana yang dikenakan Olvah Alhamid bertema " Bird of Paradise" dengan panjang sayap mencapai 1,25 meter yang melambangkan Papua sangat luas, indah dan mengayomi sesama, dengan gaun berbahan dasar gold melambangkan Papua yang kaya akan sumber daya alam, serta anggrek hitam yang berada disisi dada bagian kanan dan kiri bertujuan memperkenalkan anggrek hitam yang berasal dari Papua.

Selain itu, Olvah juga membawa tifa yang merupakan instrumen tradisional mencerminkan Papua kaya akan seni dan budaya, dan cenderawasih di tangan melambangkan kekayaan Papua yang harus dijaga dan dilestarikan. Olvah juga menggenakan topi berbentuk honai yang merupakan rumah khas masyarakat pegunungan di Papua.

"Semua ide yang saya inginkan kemudian diwujudkan oleh perancang busana Eko Tjandra dalam bentuk busana adi karya dan berhasil meraih best costume dalam kejuaraan yang berlangsung di Kairo 27 Maret hingga 14 April lalu," kata Irjen Pol Waterpauw dengan rasa bangga.

Dalam kesempatan berbeda, Bupati Jayawijaya Wempi Wetipo juga mengungkapkan rasa bangganya atas prestasi yang diraih Olvah Alhamid dalam kontes kecantikan yang diikuti oleh 70 negara tersebut.

Ia menyebutkan bahwa banyak anak-anak Papua yang berprestasi dan dengan kemenangan yang diraih maka dapat memotivasi mereka yang lain agar mampu mengukir prestasi disegala bidang yang ditekuninya.

"Mudah-mudahan makin banyak anak Papua yang berprestasi baik ditingkat nasional maupun internasional dalam bidang apapun," ungkap Bupati Wetipo. (ANT)



Baca juga artikel terkait BIRD OF PARADISE atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - )

Reporter: Putu Agung Nara Indra
Penulis: