Kontingen Jabar Sudah Mengemas 111 Medali Emas

Oleh: Mutaya Saroh - 24 September 2016
Dibaca Normal 1 menit
Kontingen Jawa Barat yang tampil PON XIX/2016, hingga Kamis (22/9/2016) pukul 20.00 WIB, Jawa Barat telah mengemas 111 medali emas, 61 perak, dan 71 perunggu.
tirto.id - Kontingen Jawa Barat yang tampil PON XIX/2016, hingga Kamis (22/9/2016) pukul 20.00 WIB, Jawa Barat telah mengemas 111 medali emas, 61 perak, dan 71 perunggu. Prestasi emas tersebut didedikasikan bagi korban bencana alam di Kabupaten Garut.

"Di tengah eforia kontingen Jabar mengejar prestasi juara umum, kami ikut peduli dengan saudara kami di Garut yang terkena bencana alam. Prestasi yang kami raih juga didedikasikan bagi para korban bencana di Kabupaten Garut," kata Ketua KONI Jawa Barat Ahmad Saefudin di Bandung, seperti dikuti dari kantor berita Antara, Sabtu, (24/9/2016).

Ahmad menceritakan kontingen Jabar hingga Sabtu (24/9/2016) masih memimpin klasemen sementara perolehan medali emas PON XIX/2016 dengan selisih medali yang cukup jauh.

Ia menurutkan kontingen PON XIX/2016 Jabar sempat mengirimkan bantuan bagi korban bencana Garut yang diserahkan kepada Posko Penanggulangan Bancana Alam Kabupaten Garut.

Bantuan diserahkan pada Sabtu siang yang diantarkan oleh sejumlah pengurus teras KONI Jabar dan perwakilan kontingen Jawa Barat, sebagai cara untuk membantu meringankan beban para korban bencana dan juga sebagai bentuk solidaritas insan olahraga di Jawa Barat.

Disamping itu, Ketua I Bidang Organisasi KONI Jawa Barat Budiana memaparkan kontingen Jawa Barat di PON XIX 2016 ini mencatat sejarah melampaui jumlah perolehan medali emas yang diraih daerah itu sepanjang keikutsertaanya pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON).

Jumlah medali yang diraih hingga Kamis malam tersebut telah melampaui jumlah medali emas terbanyak yang pernah diraih Jabar pada PON XVII/2008 di Kalimantan Timur sejumlah 101 medali.

"Sejauh ini perolehan medali emas Jabar pada PON XIX/2016 Jabar masih cukup konsisten, dan telah melampaui jumlah perolehan medali emas terbanyak Jabar di ajang PON," katanya.

Selain itu perolehan medali emas Jabar juga kian mendekati target yang ditetapkan oleh KONI Jawa Barat yang mengincar 180-an medali emas dari total 756 medali emas yang diperebutkan pada PON 2016 itu.

"Hasil yang diraih para atlet ini memberikan motivasi bagi atlet cabang lain yang belum bertanding. Mereka menjadi terpicu spiritnya untuk mengikuti jejak rekannya yang telah meraih prestasi," kata Budiana.

Hal itu menurut dia, menjadi optimistis bagi Jawa Barat untuk bisa menggapai target yang ditetapkan yakni meraih 25 persen dari 756 medali emas pada PON XIX/2016 Jabar.

Sejak awal, KONI Jawa Barat telah melakukan pemetaan kekuatan atlet, dan ternyata laju perolehan medali emas Jabar masih "on the track". Sejak perburuan medali emas dimulai pada 14 September 2016, Jabar selalu menjadi pengumpul medali emas terbanyak per harinya.

"Ke depan masih ada beberapa nomor peluang, dan para atlet dalam kondisi yang sangat siap," katanya.

Kendati telah memimpin dengan selisih medali emas yang cukup jauh dari Jawa Timur dan DKI Jakarta yang menjadi pesaing terdekat, Budiana mengaku pihaknya tidak akan lengah.

Baca juga artikel terkait PON XIX2016 JABAR atau tulisan menarik lainnya Mutaya Saroh
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh