Megawati Soekarnoputri dijadwalkan akan dikukuhkan kembali sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan, di Kongres ke-V PDIP Kamis (8/8/2019).

Menurut jadwal, salah satu agenda kongres hari ini adalah mengukuhkan kembali Megawati Soekarnoputri sebagai Ketua Umum PDI Perjuangan.

"Kalau berdasarkan pengalaman di dalam kongres IV yang lalu kebetulan saya Plt sekjen dan pimpinan sidang saat itu mayoritas utusan langsung meminta agar Ibu Megawati ditetapkan [jadi Ketum PDIP]," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Hotel Grand Inna Beach, Sanur, Bali, Kamis (8/8/2019).

Hasto mengatakan sebelum digelarnya kongres, terlebih dulu akan digelar Konferensi Cabang di tingkat Kabupaten/Kota dan Konferensi Daerah di tingkat Provinsi.

Dalam acara prakongres ini telah nemampung aspirasi bahwa mereka menginginkan Presiden RI ke-5 itu kembali menjadi ketua umum.

"Pada malam hari nanti sesuai dengan jadwal acara direncanakan untuk pengukuhan kembali Ibu Megawati sebagai ketum DPP PDIP," jelasnya.

Acara ini sendiri menurut Hasto akan dihadiri 2.178 orang yang terdiri dari tamu undangan, peninjau dan utusan. Ia pun berharap kongres bisa berjalan lancar.

"Ini merupakan perhelatan partai yang besar tapi kami mengharapkan dukungaannya agar seluruh acara lancar," harapnya.