Komentar Indra Sjafri Usai Laga Timnas U-19 Indonesia vs Taiwan

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 19 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Meski berhasil mengukir hasil positif, pelatih Indra Sjafri tak menampik jika laga Indonesia vs Taiwan tak berjalan sesuai yang direncanakan.
tirto.id - Timnas U-19 Indonesia berhasil mengukir kemenangan manis atas Taiwan di laga perdananya di Grup A Piala Asia U-19, Kamis (18/10/2018) kemarin. Meski mampu mengemas hasil baik, Indonesia sempat mengalami kesulitan di laga tersebut.

Sepanjang 45 menit perdana, Garuda Nusantara kesulitan untuk membongkar pertahanan rapi yang digalang para penggawa Taiwan. Selain itu, perangkap-perangkap offside yang disiapkan pemain lawan juga sukses membuat barisan penyerangan Indonesia mati kutu. Sepanjang 25 menit awal saja, tercatat lima kali serangan Indonesia dihentikan oleh jebakan tersebut.

"Permainan Taiwan membuat kami sulit untuk masuk ke kotak penalti pada babak pertama. Pada babak kedua ada sedikit perubahan. Garis pertahanan Taiwan sedikit lebih tinggi," tutur pelatih Indonesia, Indra Sjafri seperti dikutip laman resmi PSSI.

Barulah pada babak kedua Indonesia mampu memaksimalkan kelengahan pertahanan lawan. Fase ini dimulai dengan gol pembuka Egy Maulana pada menit 50. Namun Indonesia kembali kehilangan fokus dan kebobolan oleh gol balasan lawan tiga menit berselang.

Nasib kemenangan Indonesia akhirnya terjadi berkat sepasang gol Witan Sulaeman pada menit 70 dan 89. Usai mencetak dua gol tersebut, Witan pun mengaku bahagia. Kendati demikian, ia tak ingin tim lengah karena dua laga sisa tak kalah penting untuk dimenangkan.

"Alhamdulillah kami bisa meraih kemenangan, terutama karena ini adalah pertandingan pertama. Kemenangan ini menjadi modal bagus untuk kami ke depannya. Saya berharap kami tidak berpuas diri karena lawan-lawan di pertandingan selanjutnya lebih berat," tuturnya.


Argumen serupa juga dilontarkan Indra Sjafri. Ia berharap, kemenanga pertama ini tak membuat para pemain besar kepala. Hasil ini patut disyukuri, namun sebaiknya dijadikan pula sebagai acuan guna tampil lebih baik.

"Kemenangan ini perlu disyukuri karena pertandingan pertama ini bakal menentukan untuk laga selanjutnya," tegas sang pelatih.

Pada dua laga sisa Grup A, Qatar dan Uni Emirat Arab sudah menanti skuat Garuda Nusantara. Laga kontra Qatar akan dihelat pada Minggu (21/10/2018). Sementara itu duel pamungkas melawan Uni Emirat Arab dihelat tiga hari kemudian.

Saat ini Timnas U-19 Indonesia yang jadi tuan rumah turnamen masih memimpin perolehan poin di klasemen Grup A. Mengemas tiga angka, Garuda Nusantara unggul selisih gol atas Uni Emirat Arab yang pada partai pembuka sukses menundukkan Qatar dengan skor tipis 2-1.

Target Indonesia sendiri adalah lolos hingga babak semifinal. Keberhasilan sampai ke fase tersebut akan memastikan mereka mendapat tiket otomatis ke Piala Dunia U-20 tahun depan.


Baca juga artikel terkait PIALA AFC U-19 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan