STOP PRESS! Polda Metro Jaya Tangkap Pemilik Situsweb Nikahsirri.com

Klasemen Terbaru Piala AFF U18: Indonesia Pimpin Grup B

13 September, 2017 dibaca normal 1 menit
Klasemen Terbaru Piala AFF U18: Indonesia Pimpin Grup B
Para pemain timnas Indonesia U-19 merayakan gol Febri Eka ke gawang Filipina pada pertandingan Piala AFF U-18 di Myanmar, Kamis (7/9/2017). FOTO/Dok. PSSI
tirto.id - Timnas U-19 Indonesia sukses meraih tiket ke babak semifinal Piala AFF U-18 setelah menaklukkan Brunei Darussalam pada laga pamungkas fase grup, Rabu (13/9/2017). Dalam pertandingan yang dihelat di Stadion Thuwanna tersebut Garuda Nusantara mencetak delapan gol tanpa balas.

Peluang lolos Indonesia sebelumnya mengecil usai takluk dari Vietnam 3-0 di laga ketiga Grup B, Senin (11/9/2017). Kekalahan itu membuat skuat asuhan Indra Sjafri sempat anjlok ke peringkat tiga klasemen. Namun kemenangan telak atas Brunei Darussalam seolah membalikkan kondisi 180 derajat. Tambahan tiga poin dan produktivitas delapan gol membuat posisi Indonesia di dua tingkat teratas Grup B dipastikan aman.

Saat ini, sementara Indonesia memimpin Grup B dengan torehan sembilan poin. Mereka memiliki poin dan selisih gol yang sama dengan Vietnam (+15), namun unggul dalam hal produktivitas gol. Total Garuda Nusantara telah memasukkan 19 gol dan kemasukan empat gol, sedangkan Vietnam memasukkan 16 dan baru kecolongan sebiji gol.

Meski dipastikan lolos, status Indonesia sebagai pemuncak klasemen berpeluang goyah. Pasalnya, untuk menyalip Indonesia, Vietnam hanya perlu hasil imbang kala berhadapan dengan Myanmar di laga pamungkas.

Satu-satunya kemungkinan agar Indonesia lolos dengan status juara grup adalah Vietnam harus takluk dengan selisih satu atau dua gol dari Myanmar. Jika Vietnam kalah dengan selisih skor lebih dari dua gol, Indonesia pun hanya akan jadi runner up karena posisi puncak justru akan diambil alih Myanmar.

Laga Myanmar vs Vietnam sendiri dijadwalkan pada Rabu (13/9/2017) malam ini, dengan kickoff berlangsung pukul 18:30 WIB. Hasil laga akan menentukan tim mana yang mendampingi Indonesia lolos ke semifinal.

Pada grup lain, Malaysia dan Thailand menjadi dua tim yang juga memastikan tempat di semifinal. Harimau Malaya berstatus sebagai juara grup, sedangkan Thailand berstatus runner-up Grup A.

Catatan tersebut membuat Indonesia dimungkinkan bertemu dengan Malaysia apabila mengakhiri klasemen Grup B dengan status sebagai runner-up. Sementara itu, jika mampu keluar sebagai juara grup, Egy Vikri Maulana dan kawan-kawan akan menantang Thailand, tim yang tak kalah tangguh.

Jadwal pertandingan Indonesia di semifinal akan digelar pada Jumat, 15 September 2017.

Klasemen Terbaru Grup B: 13 September

Tim  Main   Menang   Kalah   Seri   Gol   Bobol   Selisih   Poin 
Indonesia 4 3 0 1 19 4 +15 9
Myanmar 4 3 0 1 17 3 +14 9
Vietnam 4 3 0 1 17 3 +14 9
Brunei Darussalam  4 1 0 3 4 25 −21 3
Filipina 4 0 0 4 2 24 −22 0


Baca juga artikel terkait PIALA AFF atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - zan/agu)

Keyword