Klasemen Akhir Piala Presiden 2019 Grup D, Daftar Tim Lolos 8 Besar

Oleh: Fitra Firdaus - 15 Maret 2019
Persija memuncaki klasemen akhir Grup D Piala Presiden 2019. Mereka lolos ke 8 besar bersama Madura United.
tirto.id - Persija memuncaki klasemen akhir Grup D Piala Presiden 2019. Dalam laga penentuan pada Jumat (15/3/2019), Macan Kemayoran mengalahkan tuan rumah PSS di Stadion Maguwoharjo, Sleman 0-2. Dengan demikian, Persija unggul selisih gol dari peringkat kedua, Madura United yang sama-sama lolos ke 8 besar.

Persija sempat mendapatkan tekanan ketika Madura United menumbangkan Borneo FC pada Jumat (15/3) sore hari. Gol David Laly pada menit ke-76 menjadi penentu kemenangan Laskar Sape Kerrab. Madura United mendapatkan tujuh poin, dan memiliki surplus tiga gol.

Jika Persija seri atau kalah dari PSS, situasi bagi mereka bakal gawat. Macan Kemayoran akan tersingkir, karena mereka akan menempati posisi runner-up klasemen dengan empat atau lima angka. Padahal, tiga peringkat kedua terbaik di Piala Presiden 2019 memiliki nilai minimal enam.

Bruno Matos menjadi penyelamat Persija dalam laga terakhir penyisihan grup ini, berkat gol pada menit ke-59. Ditambah, penalti empat menit jelang laga berakhir. Otomatis Persija mendapatkan tujuh poin, dan memiliki surplus tujuh gol.

Persija lolos sebagai juara grup, sedangkan Madura United, meski hanya runner-up, tidak perlu menunggu hari terakhir kompetisi pada Sabtu (16/3/2019). Pasalnya, Sape Kerrab memiliki tujuh angka, dan ada di peringkat pertama runner-up terbaik. Mereka tidak mungkin digeser oleh Arema dan Bali United yang sudah main 3 kali, mengoleksi 6 poin. Juga tidak bisa disingkirkan PSIS yang baru mendapatkan tiga angka di Grup C.



Berikut klasemen akhir Grup D Piala Presiden 2019.

Tim Main Menang SG Poin
Persija 3 2 +7 7
Madura United 3 2 +3 7
PSS 3 1 −2 3
Borneo FC 3 0 −8 0



Berikut daftar tim yang lolos otomatis babak perempat final Piala Presiden 2019 hingga Jumat (14/3).

Tim Status
Persebaya Juara Grup A
Persela Juara Grup E
Bhayangkara FC Juara Grup B
Persija Juara Grup D
Madura United Runner-up Grup D
Tira Persikabo Runner-up Grup A

Baca juga artikel terkait PIALA PRESIDEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight