Klasemen Akhir Grup F Piala Dunia 2018: Jerman Gagal & Swedia Lolos

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 27 Juni 2018
Swedia dan Meksiko lolos ke babak 16 besar.
tirto.id - Grup F Piala Dunia 2018 telah merampungkan dua laga pamungkas fase grup pada Rabu (27/6/2018). Di luar dugaan, Jerman yang sebelumnya sempat menempati posisi kedua justru gagal lolos ke babak 16 besar.

Die Manschaft justru anjlok ke posisi juru kunci lantaran kalah dari Korea Selatan dalam laga di Kazan Arena. Bermain dengan skuat terbaiknya, tim asuhan Joachim Low takluk dua gol tanpa balas. Kim Young-Gwon serta Son Heung-Min menjadi pencetak gol wakil Asia tersebut.

Di lain pihak, kemenangan atas sang juara bertahan membuat Korea Selatan beranjak dari posisi juru kunci. Walau tetap gagal lolos, mereka naik ke peringkat tiga.

Adapun dua wakil yang berhasil lolos dari Grup F adalah Swedia dan Meksiko. Swedia yang sebelumnya sempat terseok-seok di peringkat tiga merengkuh predikat juara grup berkat kemenangan telak 0-3 atas Meksiko. Pada duel di Ekaterinburg Arena ini, tiga gol skuat asuhan Janne Anderson dicetak Ludwig Augustinsson, Andreas Granqvist, dan bunuh diri pemain Meksiko, Edson Alvarez.

Sementara itu, kekalahan atas Swedia membuat Meksiko harus merelakan posisi puncak yang sempat mereka huni selama dua gameweek awal. Hirving Lozano dan kawan-kawan turun satu tingkat ke posisi runner-up.

Pada babak 16 besar mendatang, Swedia dan Meksiko akan menantang dua wakil dari Grup E. Grup tersebut terdiri dari Brasil, Swiss, Serbia, serta Kosta Rika. Hingga artikel ini diunggah, satu-satunya tim yang dipastikan tersingkir dari Grup E adalah Kosta Rika.

Berikut Klasemen Akhir Grup F Piala Dunia 2018


Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight