Klarifikasi Mnet Terkait Kemenangan IZO*NE pada MAMA 2018

Oleh: Syarifah Aini - 11 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Berdasarkan data penghitungan, Girl Group (G)I-DLE meraih poling pertama dengan capaian 51.91 persen sementara IZ*ONE hanya meraih poling sebanyak 17,64 persen.
tirto.id - Ajang Penghargaan bergengsi Mnet Asian Music Award (MAMA) 2018 yang baru saja digelar kemarin (10/12/2018) telah menghasilkan sederet daftar pemenang.

Dari beberapa penghargaan yang telah diumumkan, di lansir dari Soompi, kategori Best New Female Artist Award menjadi sorotan di kalangan warga net.

Warga net mempertanyaan tentang pemenang kategori Best New Female Award yang dimenangkan oleh IZO*NE, sebuah Girl Group yang terdiri dari 12 personil asal Korea Selatan dan Jepang.

Dilansir dari Soompi, salah satu kabar menyebutkan bahwa berdasarkan data penghitungan, Girl Group (G)I-DLE meraih poling pertama dengan capaian 51.91 persen sementara IZ*ONE hanya meraih poling sebanyak 17,64 persen.

Berdasarkan data poling dan pemenang 2 tahun sebelumnya, menunjukkan bahwa pemenang “Best New Female” di dominasi oleh Girl Group besutan Mnet. Hal ini membuat nitizen berspekulasi bahwa terdapat manipulasi data dalam ajang penghargaan tersebut.

Terkait hasil voting online yang menunjukkan ketidaksesuaian dengan hasil pemenang, Mnet mengungkapkan bahwa kriteria pemenang dalam ajang MAMA 2018 tidak hanya berfokus sepenuhnya dari hasil voting online, namun juga berdasarkan penjualan digital.

Sementara menurut data, hasil penjualan digital (G)I-DLE berada jauh di bawah IZO*NE. Pihak Mnet juga menambahkan bahwa penghitungan pemenang didasarkan atas beberapa akumulasi yaitu hasil voting Mwave sebanyak 20 persen, penilaian juri panel (Korea dan Internasional) sebanyak 30 persen, penjualan digital sebanyak 30 persen, dan penjualan album fisik sebanyak 20 persen.

Sebanyak dua belas penghargaan telah diumumkan pada ajang yang digelar di Dongdaemun Design Plaza Art Hall, Seoul, Korea Selatan ini.

Ajang penghargaan MAMA 2018 ini sendiri saat ini masih berlangsung dan akan digelar kembali pada 12 Desember di Fans Choice Jepang dan berakhir di Hongkong pada 14 Desember mendatang.

IZO*NE adalah sebuah Girl Group yang terdiri dari 12 personil asal Korea Selatan dan Jepang. Girl Grop ini merupakan besutan program survival show milik Mnet bertajuk “Produce 48”. Mereka memulai debut pertamanya pada 29 Oktober lalu dengan mengeluarkan mini album “COLOR*IZ” dengan lagu utama berjudul “La Vie en Rose”.

Sementara itu, pada ajang yang sama Girl Group baru (G)I-DLE meraih penghargaan “Best of Next Award”. Girl Group di bawah naungan Cube Entertaiment ini memulai debutnya pada 2 Mei 2018 dengan mengeluarkan mini album “I am” dengan lagu utama berjudul “LATATA”.


Baca juga artikel terkait MAMA 2018 atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - )

Kontributor: Syarifah Aini
Penulis: Syarifah Aini
Editor: Yulaika Ramadhani
DarkLight