Kim Il Ran dan Han Ji Min Menang Women in Film Korea Festival ke-19

Oleh: Syarifah Aini - 13 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Kim Il Ran menang karena dua karya film dokumenternya.
tirto.id - Ajang penghargaan Women in Film Korea Festival ke-19 sukses diselenggarakan di CGV Cinelibrary, Seol Korea Selatan pada Rabu (12/12/2018) waktu setempat.

Acara yang dipandu aktris Uhm Ji Won tersebut, memberikan sembilan penghargaan, yaitu Woman in Film of the Year, Best Producer, Best Actress, Best New Actress, Best Director, Best Screenplay, Best Documentary, Techinical Award, dan terakhir Best Advertising and Marketing.

Untuk penghargaan kategori Women in Film of the Year tahun ini, dimenangkan oleh Kim Il Ran melalui kedua karyanya, yaitu The Remnants dan Two Doors. Dalam film tersebut Kim Il Ran berperan sebagai Sutradara, Produser sekaligus Editor film.

The Remnants dan Two Doors merupakan film dokumenter yang menceritakan tentang tragedi Yongsan, sebuah tragedi kerusuhan yang terjadi di Yongsan, Korea Selatan antara kurang lebih 40 demonstran yang merupakan penyewa lokasi di daerah Youngsan dengan polisi pemerintahan Korea Selatan pada 20 Januari tahun 2009 silam.

Demonstrasi tersebut terjadi akibat rasa tidak terima dari pihak penyewa terkait uang kompensasi yang tidak mencukupi dari pemerintah terkait kebijakan relokasi dan pembangunan di daerah Yongsan.

Tragedi itu menewaskan 5 demonstran dan juga 1 polisi pemerintahan. Sayangnya, tragedi Yongsan tidak di proses secara jelas dan transparan oleh pengadilan. Pihak polisi dibebaskan dari penyidikan dan korban yang seharusnya dilindungi justru dieksekusi.

Karena tidak transparan tragedi Yongsan, menjadi sebuah tragedi ketidakadilan yang berkepanjangan.

Secara khusus, film Two Doors yang dirilis pada tahun 21 Juni 2012, menceritakan tentang insiden yang terjadi di Yongsan antara demonstran dan polisi pemerintahan.

Pada film ini, kisah lebih difokuskan pada alur tragedi dan proses hukum yang harus dilalui oleh para demonstran melawan pemerintah.

Sementara film Remnants yang baru dirilis pada 25 Januari 2018 lebih berfokus tentang kisah kehidupan lima orang korban Tragedi Yongsan yang dituduh sebagai terdakwa insiden tersebut.

Kisah dalam film ini lebih difokuskan tentang kehidupan kelima korban setelah keluar dari penjara beserta hubungannya dengan pemerintah.

Melalui kedua film tersebut, Kim Il Ran berusaha menyuguhkan sebuah kebenaran tentang sejarah, Hak Asasi Manusia, rasa kemanusiaan dan juga keadilan dari para korban tragedi.

Dilansir dari laman Soompi, pada malam penganugerahan tersebut (12/12/2018), Kim Il Ran, menyampaikan pidato kemenangannya dengan penuh rasa haru.

“Saya merasa sangat terbebani dengan pidato kemenangan ini. Saya rasa, penghargaan ini adalah salah satu bentuk dukungan atas kerja keras saya sebagai perempuan dan seakan-akan memberikan saya kekuatan untuk berkata, ‘Ayo membuat karya di balik layar lebih lama lagi’. Jadi aku sangat bahagia,” sesaat setelah menyampaikan rasa bahagianya, ia juga mengingatkan para tamu bahwa pada 20 Januari mendatang akan diperingati 10 tahun terjadinya Tragedi Yongsan.

“Sebentar lagi, akan masuk 10 tahun peringatan Tragedi Yongsan. Saya berharap, melalui penghargaan ini orang-orang akan semakin tertarik untuk mencari tahu kebenaran dari Tragedi Yongsan,” ujarnya.

Berikut daftar pemenang Women in Film Korea Festival.

Woman in Film of the Year: Kim Il Ran (“The Remnants” and “Two Doors”).

Best Producer: Jae Jung Joo (“Last Child”).

Best Actress: Han Ji Min (“Miss Baek”).

Best New Actress: Kim Ga Hee (“Park Hwa-Young”).

Best Director: Lee Eon Hee (“The Accidental Detective 2: In Action”).

Best Screenplay: Jeon Go Woon (“Microhabitat”).

Best Documentary: Kim Bo Ram (“For Vagina’s Sake”).

Technical Award: Choi Eun Ah for sound engineering (“The Spy Gone North,” “Little Forest,” dan “1987”).

Best Advertising and Marketing: AndCredit (“Dark Figure of Crime,” “The Spy Gone North,” dan “1987”).

Baca juga artikel terkait PENGHARGAAN FILM atau tulisan menarik lainnya Syarifah Aini
(tirto.id - Film)

Penulis: Syarifah Aini
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight