Khofifah Dijagokan Warga Madura Maju Pilgub Jatim 2018

Khofifah Dijagokan Warga Madura Maju Pilgub Jatim 2018
Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa. Antara foto/Puspa Perwitasari.
Reporter: Agung DH
24 Juli, 2017 dibaca normal 1 menit
Seratusan warga Madura mendukung Khofifah Indar Parawansa maju lagi untuk ketiga kalinya di Pilgub Jatim 2018. “Insya Allah warga NU dan para ulama di Madura pasti akan mendukungnya," ucap Muchlis.
tirto.id - Khofifah Indar Parawansa digadang lagi maju dalam Pemliihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2018 oleh Aliansi, Santri, Pemuda, Ekonom dan Kiai Madura (Aspek). Sedikitnya 100 orang yang membentuk Aspek dalam waktu dekat mengagendakan penggalangan tanda tangan dari para ulama se- Pulau Madura untuk mendukung Menteri Sosial itu. 

"Penggalangan dukungan dari para ulama di Madura ini nantinya sekaligus untuk memintakan izin kepada Presiden Joko Widodo agar Bu Khofifah yang saat ini menjabat Menteri Sosial direstui maju Pilkada Jatim," kata  Ketua Aspek Madura Muchlis Muhksin di Surabaya, Minggu (23/7/2017).

Muchlis menilai, Khofifah merupakan kader Nahdlatul Ulama (NU) yang memiliki kualitas kepemimpinan mumpuni untuk maju sebagai calon gubernur Jawa Timur. Lantaran itu, pihaknya mendorong Khofifah segera mendeklarasikan untuk mencalonkan diri sebagai calon gubernur Jatim. “Insya Allah warga NU dan para ulama di Madura pasti akan mendukungnya," ucap Muchlis.

Sementara bagi Achmad Ali Ridho, salah seorang kiai asal Bangkalan yang turut tergabung dalam Aspek Madura, menyatakan bahwa warga Jawa Timur sangat membutuhkan sosok pemimpin perempuan seperti Khofifah. Khofifah, menurut Ali, merupakan tokoh kunci warga nahdliyin di Jawa Timur, sebagai barometer NU. "Kinerjanya telah terbukti sejak menjadi anggota DPR RI dan menteri di era Gus Dur," kata dia.

Achmad Ali meyakini Ketua Muslimat NU itu bisa amanah untuk menjalankan tugasnya jika terpilih sebagai Gubernur Jatim kelak. "Insyaallah kalau menjadi Gubernur akan betul-betul kaffah dan tetap menjaga citra sebagai warga NU. Karenanya figur Bu Khofifah harus kami dukung," ucap Achmad.

Sejauh ini belum ada tanggapan dari Khofifah atas dukungan ini.

Khofifah diketahui telah maju Pilgub Jatim sebanyak dua kali pada 2008 dan 2014. Dalam dua kesempatan Pilgub Jatim, Khofifah selalu kalah dalam pertarungan ketat dengan Soekarwo, Gubernur Jawa Timur dua periode.

 

Baca juga artikel terkait PILGUB JATIM 2018 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - agu/agu)

Keyword