Keunggulan Exynos 980, Chipset 5G Terintegrasi Pertama Samsung

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 4 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Modem 5G terintegrasi chipset, tak hanya membuat konektivitas makin gegas, tapi juga menghemat ruang sehingga desain smartphone lebih ringkas.
tirto.id - Samsung resmi meluncurkan chipset 5G terintegrasi pertama hari ini, Rabu (04/09/2019). Exynos 980 diklaim sebagai chipset dengan konektivitas terbaik di kelasnya dengan mengintegrasikan prosesor dan modem 5G dalam sebuah chip.

Exynos 980 didesain dengan teknologi proses 8nm FinFET yang membuatnya dapat bekerja lebih dingin dengan konsumsi daya yang lebih efisien. Samsung juga mengklaim bahwa Exynos 980 merupakan chipset berteknologi Artificial Intelligence (AI) pertama yang terintegrasi dengan modem 5G.

"Dengan Exynos 980 yang terintegrasi 5G, Samsung mendorong untuk membuat 5G lebih mudah diakses oleh lebih banyak pengguna dan terus memimpin inovasi di pasar ponsel 5G," kata Ben Hur, Wakil Presiden Pemasaran Sistem LSI di Samsung Electronics dalam keterangan tertulis dikutip Rabu.

Solusi modem 5G terintegrasi tak hanya membuat konektivitas lebih baik dan konsumsi daya yang lebih efisien, tetapi juga dapat menghemat ruang sehingga desain smartphone bisa lebih ringkas jika dibandingkan dengan chip modem 5G terpisah. Modem 5G yang terintegrasi pada Exynos 980 memiliki backward compatibility hingga jaringan 2G.

Tak hanya itu, modem 5G yang terintegrasi pada chip Exynos 980 ini mendukung 4G LTE kecepatan tinggi yang sudah diimplementasikan oleh operator seluler saat ini. Exynos 980 menawarkan kecepatan transfer hingga 2,55 Gbps menggunakan teknologi 5G sub-6-gigahertz (GHz).


Modem yang diusung oleh Exynos 980 juga mendukung teknologi E-UTRA-NR Dual Connectivity (EN-DC), yang menggabungkan konektivitas 2CC LTE dan 5G untuk memaksimalkan kecepatan downlink seluler hingga 3,55Gbps. Selain itu, prosesor ini mendukung standar Wi-Fi 6 baru, IEEE 802.11ax.

Bicara soal performa, Samsung Exynos 980 cukup powerful dengan dukungan prosesor octa-core yang terdiri dari dual-core ARM Cortex-A77 untuk performa tinggi dan hexa-core ARM Cortex-A55 untuk konsumsi daya yang efisien. Grafis Exynos 980 cukup matang untuk menangani game dengan GPU Mali-G76.

Tak hanya manawarkan peningkatkan performa, Exynos 980 juga kian pintar dengan dukungan NPU (Neural Processing Unit) untuk AI yang performanya 2,7 kali lebih cepat ketimbang pendahulunya. AI diproses langsung dari perangkat, sehingga memberikan privasi dan keamanan data yang lebih baik.

Exynos 980 mendukung kamera hingga resolusi 108 megapiksel dengan ISP baru yang mampu menangani lima sensor dan memproses tiga gambar secara bersamaan. Chipset ini juga mendukung encoding dan decoding video 4K UHD pada 120 frame per detik (fps).

Belum diketahui tipe smartphone Samsung yang bakal tertanam chip Exynos 980. Diprediksi, chipset ini dipakai di Galaxy A90 5G yang meluncur sehari berselang usai Exynos 980 diperkenalkan. Seturut namanya, smartphone itu juga mendukung konektivitas 5G.


Baca juga artikel terkait SAMSUNG atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight