Ketua DPR Sebut Badan Pangan Penting untuk Stabilitas Harga

Oleh: Mutaya Saroh - 12 Januari 2017
DPR mengingatkan Pemerintah agar segera membentuk Badan Pangan guna menjaga stabilitas distribusi dan harga bahan pangan sehingga tidak terjadi lonjakan harga terlalu tinggi. Keberadaan Badan Pangan akan mengatur stabilitas distribusi dan harga bahan pangan, termasuk harga cabai.
tirto.id - DPR mengingatkan Pemerintah agar segera membentuk Badan Pangan guna menjaga stabilitas distribusi dan harga bahan pangan sehingga tidak terjadi lonjakan harga terlalu tinggi. Keberadaan Badan Pangan akan mengatur stabilitas distribusi dan harga bahan pangan, termasuk harga cabai.

"Keberadaan Badan Pangan sangat penting untuk mengatur distribusi bahan pangan sekaligus menghindari permainan tengkulak kepada petani," kata Ketua DPR Setya Novanto ketika meninjau Pasar Induk Buah dan Sayur Kramatjati, Jakarta, Kamis, (12/1/2017) seperti dikutip dari Antara.

Kunjungan Ketua dan sejumlah anggota DPR di Pasar Induk Buah dan Sayur Kramatjati Jakata bertujuan untuk melihat langsung kenaikan harga cabai di tingkat eceran yang pernah mencapai harga Rp120.000 per kg, tapi hari ini sudah turun lagi menjadi sekitar Rp80.000 per kg.

"Saya minta kepada Komisi terkait di DPR RI untuk menanyakannya kepada Pemerintah dan diharapkan Pemerintah dapat segera menindaklanjutinya. Keberadaan Badan Pangan ini dapat memberi makna besar bagi masyarakat," katanya.

Wakil Ketua Komisi IV DPR, Herman Khaeron mengatakan, keberadaan Badan Pangan sangat diperlukan sebagai bentuk dukungan untuk distribusi dan stabilisasi harga pangan.

Menurut dia, Badan Pangan dapat menangani berbagai aspek yang menjadi persoalan Pemerintah saat ini, baik terkait ketersediaan pangan maupun keterjangkauan harga bahan pangan oleh masyarakat.

"Jika Pemerintah melalui Kementerian Pertanian fokus pada distribusi bahan pangan sepatutnya segera membentuk Badan Pangan," katanya.

Herman menegaskan, pembentukan Badan Pangan tersebut sudah diamanahkan dalam UU No 18 tahun 2012 tentang Pangan.

Pada peninjauan tersebut, Setya Novanto didampingi Wakil Ketua Komisi IV Herman Khaeron dan Siti Hediati Soeharto, Anggota Komisi IV Firman Soebagyo, Ketua Komisi VIII Ali Taher Parasong, dan Anggota Komisi VI Endang Srikarti Handayani.

Baca juga artikel terkait PANGAN atau tulisan menarik lainnya Mutaya Saroh
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh