Advertorial

Ketahui Kalori Kental Manis dan Cara Memilih Produknya

Oleh: Advertorial - 30 Maret 2021
Dibaca Normal 6 menit
Ada hal-hal yang harus diperhatikan sebelum memilih kental manis, termasuk kandungan di dalamnya seperti kalori kental manis yang perlu kamu ketahui!
tirto.id - Kental manis sudah menjadi pelengkap berbagai jenis camilan pilihan keluarga Indonesia sejak tahun 1897. Kental manis cukup populer dari generasi ke generasi karena memiliki cita rasa lezat dan gurih. Namun, ada beberapa hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih produk yang tepat, baik dari segi kualitas, manfaat, serta kalori kental manis di dalamnya.

Kental manis direkomendasikan sebagai pilihan penambah cita rasa lezat untuk berbagai kreasi camilan yang bisa dinikmati oleh keluarga, atau bisa juga dijadikan topping untuk menu favorit dirumah. Selain itu, kental manis juga mengandung vitamin dan mineral. Tahukah kamu kalau kental manis mengandung kalori pada setiap produknya? Kamu pasti penasaran kan, mengenai kalori kental manis yang terkandung di dalamnya?

Fakta Kalori Kental Manis

Kehadiran kental manis cukup membantu keluarga dari generasi ke generasi, terutama untuk membuat camilan tradisional yang kian diminati. Dengan rasanya yang gurih dan mengandung kalori kental manis, bahan makanan ini selalu menjadi pilihan untuk diolah menjadi camilan favorit. Namun, kamu pasti penasaran bagaimana penjelasan tentang kandungan kalori kental manis? Berapa jumlah kalori kental manis yang ada dalam setiap kemasan produk? Nah, di artikel ini akan dijelaskan lebih lengkap agar kamu bisa menyesuaikan kalori kental manis yang akan kamu konsumsi.

Jika berbicara kebutuhan kalori yang dibutuhkan setiap hari, banyak orang yang menghindarinya karena berbagai alasan. Padahal, di dalam kalori terdapat energi yang berperan sebagai bahan bakar untuk melakukan berbagai aktivitas. Meskipun aktivitas yang dilakukan cenderung rendah, kamu tetap memerlukan kalori agar organ tubuh dapat berfungsi dengan baik. Dengan mengonsumsi kalori, kamu juga akan lebih semangat dan suasana hati meningkat. Kebutuhan kalori ini bisa didapatkan dari makanan dan minuman, seperti camilan favoritmu.

Ada banyak data yang memberikan info mengenai kebutuhan kalori harian masing-masing orang. Di Indonesia, kamu bisa mengikuti acuan dari Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan RI atau pedoman acuan label gizi dari BPOM. Jika kamu mengacu kepada pedoman BPOM, kebutuhan kalori untuk pria dan wanita dewasa adalah 2150 kkal.

Namun, berdasarkan AKG dari Kemenkes RI yang dilansir dari laman resmi depkes.go.id, berikut rekomendasi kebutuhan kalori berdasarkan jenis kelamin dan usia:

- Rata-rata kebutuhan kalori untuk pria usia 30-49 tahun adalah sekitar 2625 kkal per hari
- Wanita usia 30-49 tahun adalah sekitar 2150 kkal per hari

Kemasan kental manis memiliki pilihan yang beragam. Rata-rata kalori kental manis yang terkandung di dalamnya sebanyak 130 kkal per sasetnya. Itu artinya, kandungan kalori kental manis hanya 6 persen dari kebutuhan kalori harian yang dianjurkan dalam Angka Kecukupan Gizi (AKG) untuk orang dewasa, yaitu rata-rata 2150 kkal per hari.

Kalori yang masuk juga harus diimbangi dengan gaya hidup sehat aktif. Bagaimana jika kalori yang masuk terlalu banyak dibandingkan kalori yang keluar? Maka kalori tersebut akan menumpuk di dalam tubuh dan berubah menjadi lemak. Untuk membakar kalori ini, kamu bisa menjalani gaya hidup aktif yang sehat, salah satunya dengan rutin melakukan aktivitas fisik yang kamu sukai. Yang tak kalah penting, kalori yang masuk pun harus sesuai dengan saran penyajian dari bahan makanan yang kamu konsumsi lho. Nah, sekarang sudah tidak ada alasan lagi untuk menghindari kalori dalam menu camilan harianmu, bukan?

Hal yang Perlu diperhatikan Dalam Memilih Kental Manis

Kental manis dibuat melalui proses penguapan dengan cara menghilangkan sebagian besar air dari susu segar agar lebih kental dan tahan lama. Meski sebagian besar kental manis memiliki tekstur yang sama, namun jangan lupa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih bahan makanan satu ini.

Cek Kondisi Kemasan
Sebelum membeli kental manis, kamu harus memastikan kondisi kemasannya tidak rusak. Alasannya, kemasan produk yang rusak bisa meningkatkan risiko kental manis dan kandungan kalori kental manis tidak layak dikonsumsi.

Cek Informasi Pada Label
Setiap produk kental manis pasti terdapat informasi pada label kemasannya. Nah, kamu juga harus melihat informasi yang mencakup nama produk, saran penyajian, rasa, serta kandungan di dalamnya, seperti vitamin, mineral, dan kalori kental manis.

Pastikan kamu memilih produk yang mencantumkan kandungan kalori kental manis di setiap kemasan. Pasalnya, dalam setiap kemasan terdapat kandungan kalori kental manis yang berbeda pula, sehingga kamu perlu memeriksanya kembali dan gunakan sesuai dengan kebutuhanmu, ya!

Cek Kedaluwarsa
Apakah kamu termasuk orang yang membeli produk tanpa cek tanggal kedaluwarsa? Hati-hati, kebiasaan ini bisa menyebabkan dampak buruk lho. Meskipun terdapat kalori kental manis di dalam bahan penambah cita rasa pada makanan ini, mulai sekarang biasakan memeriksa tanggal kedaluwarsa kental manis yang akan kamu beli, ya! Selain itu, kamu juga perlu membedakan antara best before dan expired date pada kemasan karena kedua tanggal ini memiliki makna yang berbeda. Expired date merupakan keterangan tanggal batas maksimal produk aman dikonsumsi, sedangkan best before menunjukkan batas waktu terjaganya kualitas produk. Artinya, best before menunjukkan jika setelah melewati tersebut, maka kualitas produk akan berkurang. Tanggal best before ini tidak berlaku ketika kemasan sudah dibuka.

Cek Izin Edar Produk
Kamu juga harus waspada saat memilih kental manis karena saat ini banyak produk di pasaran yang justru tidak memiliki izin edar. Oleh karenanya, pastikan memilih produk dengan kandungan kalori kental manis yang telah mengantongi izin edar. Itu tandanya, produk tersebut sudah sudah memenuhi syarat aman untuk dikonsumsi.

Pilih Kemasan yang Praktis
Saat membeli suatu produk, pasti kamu lebih memilih kemasan yang praktis, bukan? Nah, begitu pula saat memilih kental manis. Pilihlah produk yang menyediakan berbagai kemasan yang mudah digunakan, seperti kemasan kaleng, pouch, dan sachet. Perbedaan kemasan ini yang memudahkanmu saat menggunakannya sesuai kebutuhan. Selain itu, pilih juga kental manis yang mudah ditemukan di mana saja, agar kamu tidak kesulitan saat mengolahnya menjadi camilan lezat.

Infografik Advertorial Kalori dan Kental Manis
Infografik Advertorial Kalori & Kental Manis. tirto.id/Mojo


Kalori Kental Manis untuk Camilan Keluarga

Ada banyak kreasi camilan lezat dengan kental manis yang bisa kamu kreasikan, mulai dari yang tradisional hingga modern. Nah, di bawah ini ada beberapa ide resep camilan yang bisa kamu coba di rumah dengan kandungan kalori kental manis!

Bakpia Teflon
Bakpia Teflon
Bakpia Teflon. FOTO/Shutterstock
Bahan-bahan:
- 380 gram terigu
- 50 ml kental manis
- 75 gram mentega
- 180 ml air putih hangat
- 1 sdm ragi

Bahan isian kacang ijo:
- 200 gram kacang ijo kupas, rendam 1 jam
- 200 ml santan
- 50 ml kental manis
- ½ sdt gram
- ½ sdt bubuk vanilli
- 2 lembar pandan

Cara Membuat:
1. Campurkan terigu, air hangat, kental manis, dan ragi, aduk sampai kalis
2. Masukkan garam dan mentega, uleni kembali agar adonan lebih kalis
3. Bulatkan adonan, diamkan 1 jam
4. Sambil menunggu adonan jadi, siapkan bahan isian kacang hijau
5. Kukus kacang hijau yang sudah dikupas selama 30 menit sampai matang
6. Blender dengan santan sampai halus
7. Campurkan semua bahan isian, masak dengan api kecil, aduk terus sampai kalis dan bisa dibentuk dengan mudah.
8. Setelah satu jam, cetak adonan bakpia
9. Beri isian, kemudian tutup dan bulatkan. Diamkan kembali 30 menit
10. Panaskan teflon tanpa minyak atau mentega apapun. Panggang bakpia sambil sedikit ditekan. Balik sisi lainnya setelah warna kecokelatan

Jentik Kental Manis

Bahan-bahan:
- 110 gram mutiara
- 270 gram hunkwe
- 60 ml kental manis
- 200 ml air putih hangat
- 1500 ml santan
- Garam secukupnya
- Daun pandan
- Pisang kepok rebus, potong-potong

Cara membuat:
1. Rebus mutiara sampai bening dan matang sempurna, lalu tiriskan
2. Ambil sebagian santan untuk melarutkan hunkwe
3. Panaskan sisa santan, bersama daun pandan, air putih, kental manis, dan garam
4. Sebelum mendidih, tuang hunkwe yang sudah dilarutkan, aduk hingga mengental
5. Masukkan mutiara yang sudah matang, aduk hingga meletup-letup, lalu matikan api
6. Tuang adonan ke cetakan yang sudah di beri potongan pisang, bungkus sesuai selera

Serabi Solo

Serabi Solo
Serabi Solo, FOTO/Shutterstock


Bahan-bahan:
- 250 gram tepung beras
- 600 ml santan kental
- ½ sdt garam
- 2 lembar daun pandan simpulkan
- 1 sdt ragi instan
- 20 ml kental manis
- 100 ml air putih
- 2 butir telur, kocok lepas

Bahan santan areh:
- 150 ml santan sangat kental
- ½ sdt garam

Topping:
kental manis, meses, dan keju

Cara membuat:
1. Rebus santan, garam dan daun pandan hingga mendidih, lalu dinginkan
2. Dalam wadah, campur tepung beras, kental manis, air, dan ragi instan, aduk rata
3. Tambahkan santa secara perlahan sambil diaduk
4. Masukkan telur kocok, aduk lagi menggunakan alat pengaduk (supaya tekstur telur tidak bergerindil)
5. Kocok-kocok adonan hingga berbuih, lalu diamkan selama 90 menit
6. Panaskan wajan menggunakan api yang kecil, tuang 1 sendok adonan di tengahnya, kemudian gerakkan sendok ke bagian pinggir wajan
7. Biarkan hingga serabi setengah matang dan terlihat sarang yang cantik
8. Siram dengan 1 sdt santan areh. Beri topping sesuai selera. Tutup wajan, masak hingga serabi matang

Kue Lumpur

Bahan-bahan:

- 125 gram kentang yang sudah dikukus dan dihaluskan
- 100 gram tepung terigu
- 300 ml santan
- 50 gram mentega
- kental manis secukupnya
- 100 ml air putih hangat
- ½ sdt garam
- ¼ sdt vanili
- 2 butir telur
- Kismis secukupnya

Cara membuat:
1. Masukkan santan, kental manis, air putih, garam, aduk rata hingga larut
2. Masukkan tepung terigu, aduk kembali hingga kalis. Lalu diamkan hingga dingin
3. Tambahkan 2 butir telur yang dikocok lepas, aduk dengan menggunakan alat pengaduk
4. Masukkan kentang halus, lalu aduk kembali hingga merata
5. Panaskan loyang kue lumpur, olesi mentega secukupnya
6. Tuang adonan ¾ cetakan, tutup loyang dan biarkan setengah matang
7. Tambahkan kismis untuk topping
8. Masak kembali hingga permukaan kue lumpur berwarna kecoklatan

Kue Cenil

Bahan-bahan:
- 100 gram tepung terigu
- 100 gram tepung kanji
- kelapa parut
- kental manis secukupnya
- 120 ml air
- Garam secukupnya
- pewarna makanan secukupnya

Cara Membuat:
1. Dalam wadah, masukkan tepung terigu dan garam, lalu tambahkan air mendidih secukupnya
2. Tambahkan pewarna dan aduk rata
3. Masukkan tepung kanji bersama tepung terigu, uleni sampai adonan dapat dibentuk.
4. Kukus kelapa parut dengan sedikit garam selama kurang lebih 10 menit
5. Masak semua bahan untuk saus sampai mendidih lalu dinginkan
6. Didihkan air di panci dan bentuk adonan sesuai selera
7. Masak cenil sampai mengambang di permukaan
8. Gulingkan cenil di atas kelapa parut
9. Tambahkan kental manis sebagai topping

Martabak Mini

Bahan-bahan:
- 350 gram tepung terigu
- kental manis secukupnya
- ¼ sdt garam
- ¼ sdt vanili
- ¼ sdt baking powder
- ¾ sdt baking soda
- 1 butir telur
- 30 gram margarin
- 1/4 sdt ragi bubuk

Cara Membuat:
1. Masukan tepung, baking powder, kental manis, garam, dan bubuk vanili ke dalam wadah.
2. Tambahkan air sedikit demi sedikit, sambil terus diaduk. Jangan terlalu banyak ataupun terlalu sedikit
3. Tambahkan ragi, lalu diamkan selama 30 menit sampai satu jam
4. Setelah didiamkan, tambahkan telur sambil terus diaduk, tambahkan baking soda dan margarin yang sudah dilelehkan
5. Setelah semua tercampur, panaskan loyang, jangan dioles mentega
6. Masukkan adonan ke loyang, setelah setengah matang, tambahkan topping meses, kental manis, atau keju sesuai selera, masak kembali hingga matang
7. Martabak mini siap dinikmati selagi hangat
Nah, itu dia resep-resep camilan lezat yang bisa kamu kreasikan. Jadi pastikan untuk selalu sedia kental manis di rumah, ya. Selamat mencoba!
DarkLight