Piala Dunia 2022

Ketahui Fakta-Fakta Unik Qatar Tuan Rumah Piala Dunia 2022

Kontributor: Lucia Dianawuri, tirto.id - 22 Nov 2022 18:29 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Sepuluh fakta unik negara Qatar, tuan rumah FIFA World Cup atau Piala Dunia 2022.
tirto.id - Penyelenggaraan Piala Dunia 2022 yang diinisiasi oleh FIFA diselenggarakan di Qatar dari 20 November hingga 18 Desember 2022.

Piala Dunia 2022 menjadi momen pertama bagi Qatar ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan sepak bola dunia terbesar, yang didakan setiap empat tahun sekali ini. Selain itu, ini adalah pertama kali Jazirah Arab menjadi tuan rumah Piala Dunia.

Piala Dunia 2022 ini dibuka secara gegap gempita di Stadion Al Byat di kota Al Khor. Sementara itu, Stadion Lusail di kota Lusail akan menjadi tempat pertandingan final sekaligus penutup pesta bola sedunia ini.

Menurut laman FIFA, ada delapan stadion yang menjadi tempat penyelenggaraan Piala Dunia 2022 kali ini. Delapan stadion itu tersebar di lima kota besar di Qatar, yaitu di Lusail, Al Khor, Doha, Al Rayyan, dan Al Wakrah.

Delapan stadion itu adalah Stadion Lusail, Stadion Al Bayt, Stadion 974, Stadion AL Thumama, Stadion Khalifa International, Stadion Education City, Stadion Ahma bin Ali, dan Stadion Al Janoub.

Terdapat delapan grup yang terdiri dari berbagai negara dunia yang berhasil masuk dalam kompetisi Piala Dunia ke-22 ini.

Penyisihan grup akan berlangsung dari 20 November hingga 2 Desember 2022. Sementara fase knockout akan berlangsung dari 3 hingga 18 Desember 2022.

Untuk melihat grup beserta negaranya, termasuk jadwal lengkap pertandingan Piala Dunia 2022 , Anda bisa langsung menuju laman resmi FIFA.

Fakta Unik Tentang Qatar


Sebagai negara pertama dari Dunia Arab yang berhasil menjadi tuan rumah perhelatan bola terbesar sejagat, Qatar menyimpan beragam keunikan yang menakjubkan. Berikut adalah 10 fakta unik tentang Qatar seperti dilansir dari laman Time Out Doha:

1. Qatar adalah negara kedua paling datar di dunia

Titik tertinggi di Qatar itu hanya sekitar 338 kaki atau sekitar 103 meter. Yang berhasil mengalahkan Qatar adalah Maldives, dengan titik paling tinggi sekitar enam kaki.

2. Bandara Internasional Hamad adalah bandara terbaik di dunia

Meniurut Sytrax World Airport Award 2021, Bandara Internasional Hamad di Qatar adalah adalah bandara terbaik di dunia.

Bandara ini juga memiliki runway terpanjang di Asia Barat, sekitar 15, 912 kaki dan menjadi runway terpanjang ke-6 di dunia.

3. Tempat bertemunya laut dan gurun ada di Qatar

Di Qatar, tepatnya di Khor Al Adaid, terdapat tempat bertemunya laut dan gurun pasir. Area yang pada 2007 telah dideklarasikan sebagai cagar alam ini sedang diupayakan oleh Qatar menjadi situs Warisan Dunia UNESCO.

4. Qatar memiliki garis pantai yang sangat panjang

Qatar sejatinya adalah sebuah semenanjung. Artinya, negara ini dikelilingi oleh air laut. Akibatnya, negara ini memiliki garis pantai yang amat panjang, sekitar 563 km.

5. Doha memiliki jalur sepeda terpanjang di dunia

The Olympic Cycling Track di Doha mendapatkan Rekor Dunia Guiness sebagai jalur sepeda terpanjang di dunia berjarak 33 kilometer.

Jalur sepeda ini dikerjakan oleh Ashgal, sebagai otoritas pekerjaan umum di Qatar. Jalur ini diselesaikan pada 2020 dan melewati 18 underpass supaya tidak terputus.

6. Qatar adalah negara paling aman kedua di dunia

Menurut Numbeo Crime Index, Qatar memiliki tingkat kejahatan paling rendah di dunia, pada poin 14,03 dari 100 poin. Predikat ini juga telah didadapatkan Qatar pada 2017 dan 2019.

7. Jumlah lelaki lebih banyak dari perempuan

Dari sensus terbaru pada Desember 2020, jumlah lelaki di Qatar ternyata lebih banyak dari jumlah perempuan, yaitu sekitar tiga banding satu. Di Qatar, jumlah perempuan hanya sekitar 811.600 dari jumlah populasi Qatar seluruhnya sekitar 2.846.118.

8. Hanya 15 persen penduduk Qatar adalah orang Qatar

Qatar adalah negera yang jumlah ekspatriatnya amat banyak. Ada sekitar dua juta ekspatriat yang hidup dan bekerja di Qatar.

Artinya, Qatari atau orang-orang Qatar asli adalah minoritas, hanya sekitar 15 persen dari seluruh populasi yang sekarang hidup di Qatar.

9. Qatar adalah nama yang berasal dari 50 SM

Penulis Romawi, Pliny the Elder, pada pertengahan abad pertama pernah menulis Qatar dengan ‘Catharrei’. Nama ini, semenjak era itu hingga kini, terus mengalami perubahan.

Catara sempat digunakan sebagai ejaan yang umum, sebelum pada abad ke-18 Katara menjadi ejaan yang lebih umum dipakai, termasuk ejaan Katr, Kattar, dan Guttur. Hingga akhirnya, nama dengan ejaan Qatar secara resmi diadopsi menjadi nama negeri Arab ini.

10. Qatar adalah negara terkaya di dunia

Lembaga Keuangan Dunia atau IMF pada 2020 menghitung GDP Qatar per kapita meningkat mencapai 138.910 US Dollar. Perhitungan ini membuat Luxemborg yang memiliki GDP senilai 112.045 US Dollar berada di urutan kedua. Sumber kekayaan Qatar berasal dari minyak bumi dan gas alam yang menyumbang GDP Qatar sekitar 60%.

Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Lucia Dianawuri
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Lucia Dianawuri
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight