Kerjasama dengan Sekolah, UPN Yogya Siapkan 750 Komputer untuk UTBK

Oleh: Irwan Syambudi - 11 Desember 2018
UTBK UPN Yogyakarta bakal digelar di sejumlar di sejumlah sekolah di Yogyakarta.
tirto.id - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta (UPNVY) bakal bekerjasama dengan sekolah-sekolah di Yogyakarta dalam pelaksanaan ujian tulis berbaris komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.

"Kalau perangkat komputer untuk [UTBK SBMPTN 2018] kita mengendeng mitra dari sekolah.[Pelaksaan UTBK] nanti ada di beberapa sekolah," Kasubag Kerjasama dan Humas UPNVY, Marcus Kusnardijanto kepada reporter Tirto, Selasa (11/12/2018).

Sampai dengan saat ini kata Marcus komputer yang telah disiapkan sebanyak 750 unit. Nantinya komputer yang tersebar di sejumlah sekolah itu akan siap digunakan pada pelaksaan UTBK setiap hari Sabtu-Minggu mulai 30 Maret sampai 26 Mei 2019.

"Kalau pendaftaran dan pelaksaanya itu sama serentak secara nasional seperti perguruan tinggi negeri lainnya. Pendaftaran mulai 12 Januari-27 Maret 2019," kata dia.

Hasil UTBK ini kata Marcus adalah sebagai syarat untuk mengikuti SBMPTN. Setiap peserta UTBK nantinya akan diberikan kesempatan dua kali melakukan tes, dan akan diambil nilai yang terbaik.


Baca juga artikel terkait SBMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Irwan Syambudi