Kenapa Tidak Bisa Akses Link Tes Rekrutmen BUMN 2022 & Solusinya?

Penulis: Yonada Nancy - 21 Mei 2022 11:15 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Link tes rekrutmen BUMN 2022 yang dikirimkan panitia melalui e-mail bisa jadi tidak dapat dibuka, berikut solusinya dan apakah boleh me-refresh browser?
tirto.id - Rangkaian rekrutmen BUMN 2022 telah memasuki tahap tes kemampuan dasar (TKD) dan core values BUMN. Jelang pelaksanaan tes peserta akan menerima pesan berisi link akses tes, jadwal pelaksanaan tes, dan instruksi.

Namun, link akses yang dikirimkan melalui e-mail maupun pesan masuk di dashboard akun Rekrutmen Bersama BUMN 2022 mungkin tidak bisa dibuka. Seiring dengan adanya kendala tersebut, panitia seleksi telah menyiapkan panduan cara mengatasinya melalui laman tanya jawab di rekrutmenbersama.fhcibumn.id.

Pelaksanaan tes TKD dan core values BUMN 2022 tahun ini diselenggarakan secara online dan mandiri di rumah masing-masing peserta. Oleh karena itu, peserta harus dapat mengatasi berbagai kendala yang mungkin terjadi selama mengerjakan tes.

Kenapa Tidak Bisa Akses Link Tes Rekrutmen BUMN 2022?


Link tes rekrutmen BUMN 2022 akan dikirimkan oleh panitia seleksi sebelum tanggal pelaksanaan TKD dan core values BUMN. Link tersebut nantinya berisi soal tes yang dapat diakses menggunakan username dan password terlampir.

Sayangnya, ada kemungkinan link tersebut tidak dapat dibuka dan muncul keterangan "Laman web tidak tersedia" pada browser.

Menurut panitia seleksi dalam FAQ Rekrutmen Bersama BUMN, hal tersebut dapat terjadi karena adanya security block pada jaringan internet yang digunakan peserta. Ini biasanya terjadi apabila peserta menggunakan wi-fi kantor yang tidak memperbolehkan jaringan mengakses link tes.

Cara terbaik untuk mengatasi kendala tersebut adalah dengan mengganti jaringan internet ke provider lain. Namun, jika sudah melakukan penggantian jaringan internet dan masih terjadi kendala akses link, peserta dapat melakukan langkah-langkah berikut:

1. Pastikan akses internet peserta stabil;

2. Non-aktifkan proxy dan pastikan laman tidak di block oleh firewall;

3. Ubah server DNS dari default ke Google server DNS publik, caranya:

  • Masuk ke Control Panel;
  • Klik "Network and Internet", lalu buka "Network and Sharing Center";
  • Pilih "Change adapter settings";
  • Pilih koneksi yang ingin dikonfigurasikan ke Google server DNS publik;
  • Pilih tab "Networking";
  • Klik tab "Advanced and select the DNS";
  • Klik "OK";
  • Atur DNS IP Adress dengan urutan 8.8.8.8 dan 8.8.4.4;
  • Hapus chache pada browser di menu History > Clear drowsing data;
  • Matikan komputer firewall dan antivirus sementara waktu.

Apakah Boleh Refresh Browser Selama Tes Rekrutmen BUMN 2022?


Ketika mengalami kendala seperti kesulitan membuka soal atau mengalami browser crash, peserta diperbolehkan melakukan refresh browser.

Jika kendala tersebut terjadi selama peserta mengerjakan soal, peserta tidak perlu khawatir jawaban akan hilang setelah melakukan refresh browser. Hal ini karena soal yang sudah dijawab akan tersimpan secara otomatis pada sistem.

Agar jawaban peserta tidak hilang, pastikan tetap menggunakan browser serta perangkat yang sama. Sisa soal yang belum dijawab nantinya bisa diisi oleh peserta selama waktu yang tertera dalam timer masih ada.

Ketentuan Perangkat untuk Tes Rekrutmen BUMN 2022


Sebagai alasan kenyamanan dan kelancaran pengerjaan tes rekrutmen BUMN 2022, panitia seleksi menyarankan peserta untuk menggunakan perangkat sesuai ketentuan.

Ketentuan terkait perangkat dan kelengkapan tersebut disampaikan melalui Youtube Kementerian BUMN RI pada Kamis (18/5/2022), sebagai berikut:

  • Tes dikerjakan menggunakan laptop atau komputer, bukan smartphone atau tablet;
  • Laptop atau komputer yang digunakan sebaiknya memiliki spesifikasi berupa processor Core i3 atau setara dan RAM minimum 4 GB;
  • Jaringan internet yang stabil;
  • Peserta disarankan mengakses tes menggunakan browser Google Chrome dan Mozilla Firefox versi terbaru.



Baca juga artikel terkait REKRUTMEN BUMN 2022 atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight