Kenapa Hari Pi Dirayakan Setiap 14 Maret?

Oleh: Agung DH - 13 Maret 2018
Pi Day dirayakan setiap tanggal 14 Maret berdasarkan pehitungan nilai bilangan pi yakni 3,14.
tirto.id - Google menjadikan Pi Day hari ini Rabu (14/3/2018) sebagai tema doodle mereka. Sepotong kue membentuk tulisan "Google" menghiasi halaman utama mesin pencarian terbesar di dunia ini.

Bagaimana
Pi Day selalu dirayakan setiap tahun pada tanggal 14 Maret?

Pi adalah sebuah konstanta dalam matematika yang merupakan perbandingan keliling lingkaran dengan diameter. Pi mulai dikenalkan oleh ahli matematika Yunani, Archimedes (sekitar 287 SM - 212 SM). Ia menentukan nilai Pi sekitar 22/7 atau dalam desimal senilai dengan 3,14. Pada perkembangan berikutnya, 1706, William Jones mulai mengenalkan simbol
untuk menyebut bilangan Pi. Penggunaan simbol tersebut semakin populer setelah diadopsi oleh ahli matematika Swiss Leonhard Euler pada 1737.

Pi Day ini untuk pertama kali diakui sekitar 30 tahun lalu pada 14 Maret 1988 oleh fisikawan Larry Shaw. Larry merupakan penyelenggara perayaan Hari Pi pertama di Exploratorium di San Francisco, Amerika Serikat. Ia menentukan Hari Pi atau P Day berdasarkan format penanggalan Amerika yang sering ditulis 3/14 (format tanggal/hari). Penentuan tanggal ini berdasarkan hasil perhitungan dari nilai dari Pi yakni 3,14. Belakangan penetapan tanggal Pi Day ini mendapatkan dukungan dari Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat pada 2009 silam.

Selain pada 14 Maret, Hari Pi juga dirayakan pada tanggal 22 Juli (22/7) atau berdasarkan format (tanggal hari/bulan). Penentuan tanggal ini berdasarkan perhitungan Archimedes yang menyebut Pi senilai dengan 22/7.


Baca juga artikel terkait GOOGLE DOODLE atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH