Kenang Made Indra, Robi Navicula Unggah Video Klip Terus Berjuang

Oleh: Alexander Haryanto - 27 Maret 2018
Dibaca Normal 1 menit
"Kami akan terus berjuang, De... dan tak akan berhenti berjuang sebelum napas berhenti,” ungkap Robi.
tirto.id - Robi Navicula menggungah video klip Navicula berjudul “Terus Berjuang” guna mengenang kepergian rekan satu bandnya Made Indra yang meninggal dunia usai mengalami kecelakaan beberapa waktu lalu.

“Video klip terakhir yang dirilis bersama Made Indra. Kami akan terus berjuang, De... dan tak akan berhenti berjuang sebelum napas berhenti. Kami, sepertimu, sepakat bahwa nilai kehidupan ini bukanlah dari lamanya hidup, tapi dari apa saja yang telah kita beri selama kita hidup,” ungkap vokalis Robi di Instagramnya, Selasa (27/3/2018).

Dalam video berdurasi 4:50 menit itu, Navicula mengambil latar Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT). Proyek kolaborasi antara Navicula, Erick EST, dan Kopernik ini didedikasikan kepada semua orang yang bekerja untuk mengatasi tantangan sosial dan lingkungan di seluruh Indonesia dan dunia. Terutama untuk aktivis kemanusiaan.

“Buat semua aktivis yang melukis dunia. Untukmulah di sini diriku bernyanyi. Jangan padamkan api semangatmu. Mari berjuang!,” demikian potongan lirik “Terus Berjuang.”

Sebelumnya, basis Navicula Made Indra dan pasangannya Afiriana Dewi mengalami kecelakaan di Jalan Raya Sakah, Sukawati, Gianyar, Bali, Sabtu (24/3/2018) dini hari. Made sempat dilarikan ke rumah sakit, sementara pasangannya tidak dapat tertolong.


Namun, selang beberapa hari, Made menyusul pasangannya setelah bertahan dalam masa kritis.

“Teman-teman, Made Indra telah meninggalkan kita semua sore tadi pada pukul 18.25 WITA. Terima kasih atas dukungan dan doa buat Made selama ini. Setelah sekian lama berjuang di masa kritis, Made akhirnya memutuskan apa yg terbaik baginya. Selamat jalan, brother. Cinta kami selalu bersamamu,” tulis Robi di akun Instagramnya, Senin (26/3/2018).

Berikut Video Klip "Terus Berjuang" Navicula





Navicula didirikan tahun 1996 di Bali, Indonesia. Dikutip dari situs resminya, formasi Navicula terkini adalah: Robi (vokal, gitar), Dankie (gitar), Made (bass), Gembull (drum) lalu digantikan Palel Atmoko.

Band ini mengusung rock sebagai warna dasar musik mereka, berpadu dengan beragam warna etnik, folk, psychedelic, punk, alternatif, funk, dan blues. Liriknya sarat dengan pesan aktivisme dan semangat tentang damai, cinta dan kebebasan.

Navicula dikenal dengan sebuah band grunge yang disebut “the Green Grunge Gentlemen” karena aktifnya mereka di dunia aktivisme sosial dan lingkungan.




Baca juga artikel terkait MUSISI atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Reporter: Alexander Haryanto
Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Alexander Haryanto
Infografik Instagram