Kementerian PUPR Gelar Pameran Water Art Installation

tirto.id - 2 Des 2023 12:09 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kementerian PUPR gelar Pameran Water Art Installation pada 1-4 Desember 2023 di Jakarta untuk meningkatkan kesadaran publik tentang isu air.
tirto.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar Pameran Water Art Installation yang dibuka untuk umum pada 1-4 Desember 2023 di Indonesia Arena, Kompleks GBK-Senayan, Jakarta. Agenda ini diselenggarakan dalam rangka menyambut puncak Hari Bakti PU ke-78 sekaligus untuk meningkatkan kesadaran publik tentang isu air.

Mengusung konsep pameran berteknologi immersive, Water Art Installation menampilkan isu-isu air, local wisdom, perkembangan teknologi, inovasi pengelolaan sumber daya air, serta promosi World Water Forum ke-10. Selain itu, juga terdapat 7 sesi mini talkshow dengan topik-topik menarik dan relevan seputar isu air.

"Melalui pameran ini, kita ingin meningkatkan awareness publik tentang isu-isu air dengan pendekatan yang lebih sesuai dengan generasi muda, terutama terkait peningkatan kualitas air, karena air adalah bagian penting dalam hidup kita," kata Sekretaris Jenderal PUPR Muhammad Zainal Fatah pada acara Pembukaan Water Art Installation, Jumat (1/12/2023).

Kementerian PUPR sekaligus ingin mempromosikan World Water Forum ke-10 melalui Pameran Water Art Installation. World Water Forum ke-10 rencananya akan digelar di Bali pada 18-24 Mei 2024 mendatang. Indonesia terpilih sebagai tuan rumah forum internasional ini setelah memenangkan voting.

"Kita menang menjadi tuan rumah melalui voting di mana kita mendapat 30 suara dari total 36 suara. Oleh karena itu, kita patut bersyukur dan memeriahkan World Water Forum ini. Salah satu kampanyenya melalui pameran ini," sebut Zainal Fatah.

Selain Zainal Fatah, beberapa tokoh yang turut hadir dalam acara pembukaan Pameran Water Art Installation di antaranya adalah Inspektur Jenderal PUPR T. Iskandar, Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto, serta Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Abram Elsajaya Barus.

Di Pameran Water Art Installation, terdapat total 4 cluster instalasi. Cluster pertama bertemakan Land of Hope, yaitu hutan Indonesia sebagai rumah bagi ribuan spesies flora dan fauna dan memainkan peran besar sebagai tempat pengelolaan air. Cluster kedua Start from You, mengajak untuk bersama-sama menjadikan bumi lebih lestari dengan air yang melimpah.

Kemudian cluster ketiga adalah Let's Manage Water, tentang pengelolaan air baku, air tampungan, irigasi dan rawa, sungai dan pantai, serta peran serta masyarakat dalam pengelolaan air. Terakhir, cluster keempat, mengenai World Water Forum ke-10.

Poster Water Art Installation PUPR
Poster Water Art Installation PUPR. FOTO/Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR

(INFO KINI)

Penulis: Tim Media Servis

DarkLight