Kemenhub Gandeng PT KAI Gelar Program Angkutan Motis Lebaran 2020

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 6 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Angkutan motis ini digelar sebagai upaya mengurangi kepadatan dan kecelakaan di jalan raya saat masa Angkutan Lebaran 2020.
tirto.id - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggandeng PT Kereta Api Indonesia Persero (KAI) untuk menggelar Program Angkutan Sepeda Motor Gratis (Motis) untuk Angkutan Lebaran 2020.

"Angkutan Motis ini sebagai upaya mengurangi kepadatan dan kecelakaan di jalan raya saat masa Angkutan Lebaran 2020," ujar Manager Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendriwintoko di Madiun, Jumat (6/3/2020).

Angkutan Motis 2020 diselenggarakan pada 16–22 Mei 2020 untuk arus mudik dan 27 Mei–1 Juni 2020 untuk arus balik. Kapasitas sepeda motor yang dapat diangkut setiap harinya mencapai 1.472 unit sepeda motor atau total 19.136 unit motor selama 13 hari pelaksanaan.

"Kapasitas tersebut naik 5,7 persen dari kegiatan serupa tahun 2019 yaitu sebanyak 18.096 unit," kata Ixfan, sebagaimana dilansir Antara.

Adapun, terdapat tiga relasi yang dilayani oleh KAI untuk Angkutan Motis 2020. Yaitu, Lintas Utara relasi Stasiun Jakarta Gudang–Stasiun Surabaya Pasarturi yang melalui Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cirebon Prujakan, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Ngrombo, Cepu, Bojonegoro, Babat, berakhir Surabaya Pasarturi.

Kemudian Lintas Selatan 1, relasi Stasiun Jakarta Gudang–Stasiun Kutoarjo. Yang melalui Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cimahi, Kiaracondong, Sidareja, Kroya, Gombong, Kebumen, berakhir di Kutoarjo.

Serta Lintas Selatan 2, relasi Stasiun Jakarta Gudang–Stasiun Surabaya Pasarturi. Melalui Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cirebon Prujakan, Purwokerto, Kroya, Kutoarjo, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Madiun, Kertosono, Jombang, Mojokerto, berakhir Surabaya Pasarturi.

Ixfan menjelaskan untuk mengikuti program Angkutan Motis 2020, peserta diwajibkan mendaftar secara daring ("online") pada 26 Februari hingga 14 Mei 2020 dengan mengakses mudikgratis.dephub.go.id.

Atau langsung di posko motis yang ada di Stasiun Jakarta Gudang, Bekasi, Jatinegara, Kemayoran, Cikarang, Tangerang, Cimahi, dan Kiaracondong. Waktu pendaftaran mulai 16 Mei-31 Mei 2020 di semua stasiun persinggahan Motis.

Secara nasional KAI menyediakan total 62.540 tempat duduk khusus bagi para pendaftar Angkutan Motis 2020 yang tersebar pada 24 nama kereta api.

Jumlah tersebut naik 7,6 persen dari 2019 yaitu sebanyak 58.088 tempat duduk. Tiket KA penumpang untuk angkutan motor gratis tidak dapat dilakukan perubahan jadwal maupun dibatalkan.

Ixfan menambahkan KA penumpang yang mendukung angkutan tiket peserta motis dan melintas di stasiun wilayah Daop 7 Madiun, di antaranya adalah KA Matarmaja (Pasar Senen – Malang), KA Brantas (Pasar Senen – Blitar),.

Selain itu KA Kahuripan (Kiaracondong – Blitar), KA Pasundan (Kiaracondong – Surabaya Gubeng), KA Gaya Baru Malam Selatan (Pasar Senen – Surabaya Gubeng), KA Matarmaja Lebaran (Pasar Senen – Malang).

Kemudian, KA Pasundan Lebaran (Kiaracondong – Surabaya Gubeng), KA Singasari (Pasar Senen – Blitar), KA Majapahit (Pasar Senen – Malang), KA Logawa (Purwokerto – Jember), dan KA Jayakarta (Jakarta Kota – Surabaya Gubeng).

"Kami akan memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat yang telah mempercayakan motornya kepada KAI pada Angkutan Lebaran 2020 ini," kata Ixfan.


Baca juga artikel terkait ANGKUTAN LEBARAN 2020 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight