Keluarga Cemara Menang 5 Kategori di IMAA 2019

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 15 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Film Keluarga Cemara menang kategori Ansambel Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Anak-Anak Terbaik, dan Pemeran Pasangan Terbaik di IMAA 2019.
tirto.id - Film Keluarga Cemara memboyong 5 piala di ajang IMAA 2019 yang digelar Kamis (13/3/2019) malam di MNC Studio, Jakarta. Kategori tersebut diantaranya, Ansambel Terbaik, Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Anak-anak Terbaik, dan Pemeran Pasangan Terbaik.

Sebelumnya, Keluarga Cemara yang memboyong 6 piala dari 11 kategori di Piala Maya 2019 ini juga masih menempati peringkat kedua film paling banyak ditonton di Indonesia.

Piala Maya adalah ajang penghargaan film Indonesia yang dimulai pada tahun 2012 oleh penggemar film online Indonesia, dan tahun 2019 ini memasuki tahun ke-7 dengan tajuk “7umbuh Kembang”.

Keluarga Cemara bercerita tentang sebuah Abah (Ringgo Agus Rahman) dan istrinya (Nirina Zubir), dengan 2 orang anak yaitu Euis (Zara eks JKT48) dan Cemara (Widuri Sasono).

Keluarga Abah mengalami culture shock ketika keluarganya harus pindah dari ke Bogor karena menjadi korban penipuan yang menghabiskan rumah dan harta benda mereka di Jakarta.

Melalui lika-liku kehidupan dan adaptasi yang besar, keluarga ini menemukan sebuah pelajaran paling berharga, yaitu, “harta yang paling berharga adalah keluarga”.


Film adaptasi dari novel karya Arsendo Atmowiloto dan juga pernah di adaptasi ke layar sinetron pada tahun 1996 hingga 2005.

"Semoga film ini bisa mengisi kekosongan akan film keluarga dan bisa menjadi alternatif menyenangkan bagi kita bersama keluarga kembali ke bioskop mulai awal tahun 2019," ucap Anggia Kharisma, Produser film Keluarga Cemara dalam jumpa pers di Jakarta.

Keluarga Cemara menunjukkan “keseriusannya” dalam berevolusi, mulai dari cerita sambung yang dimuat di majalah, menjadi sinetron, kemudian pada 2018 menjadi sinema layar lebar.

Plot cerita yang lekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia juga menjadikannya tidak hanya film nostalgia, melainkan juga hiburan yang dianggap lebih realis dan menyenangkan.

Ditambah akting para pemainnya yang penuh penghayatan membuat film ini memenangi 5 penghargaan sekaligus, terutama dari pemain-pemainnya seperti Nirina Zubir (Pemeran Utama Wanita Terbaik), Ringgo Agus Rahman (Pemeran Utama Pira Terbaik), Zara eks JKT48 (Pemeran Anak-anak Terbaik), Ringgo-Nirina (Pasangan terbaik), dan Ansambe Terbaik.

Selain itu, lagu “Harta Berharga” soundtrack film ini yang dinyanyikan oleh Bunga Citra Lestari juga mudah diingat dan menjadi ciri khas film keluarga ini.

Baca juga artikel terkait IMA AWARDS atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Film)


Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Yantina Debora
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live