Kejar Target Laba, PT Surveyor Teken Kerjasama Bisnis dengan 6 BUMN

Oleh: Hendra Friana - 12 Februari 2019
PT Surveyor Indonesia Persero menandatangani nota kesepahaman dengan enam BUMN untuk kerja sama bisnis dan peningkatan kuantitas produk dan jasa.
tirto.id - PT Surveyor Indonesia Persero (PTSI) menandatangani nota kesepahaman dengan enam BUMN dalam rangka kerja sama bisnis dan peningkatan kuantitas produk dan jasa.

Kerja sama tersebut juga dilakukan untuk mengejar target PTSI membukukan laba bersih sebesar Rp150 miliar naik 11,5 persen dari target RKAP 2018, serta kenaikan total aset perseroan yang ditargetkan 9,3 persen dari tahun 2018 yakni sebesar Rp1,6 trilliun.

"Salah satu langkah yang bisa ditempuh agar kita bisa survive adalah dengan menjalin kemitraan strategis dan tetap mengedepankan praktik operational excellence dalam menjalankan bisnis," ujar Direktur Utama PTSI Dian M Noer, Selasa (12/2/2019).

Dian menyampaikan, kerja sama bisnis yang dijalin dengan esnam BUMN itu meliputi Jasa Survei, Konsultasi, Inspeksi, Verifikasi dan Monitoring di bidang Pengadaan Tanah, Cargo Monitoring, Pipeline Integrity Management, Konsultasi Pengawas Pembangunan Jaringan Fiber Optik, hingga konsultasi pengembangan roadmap Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) di berbagai daerah.

Sementara BUMN yang menandatangani nota kesepahaman antara lain PT Pertamina (Persero), PT Len Industri (Persero), PT PGN (Persero) Tbk, PT Dirgantara Indonesia (Persero), PT Dahana (Persero), serta PT Pertamina Bina Medika.

PT Surveyor Indonesia (Persero) adalah Badan Usaha Milik Negara yang didirikan pada tanggal 1 Agustus 1991. Perseroan plat merah ini didirikan untuk membantu pemerintah dalam memperlancar aliran barang modal dan peralatan ke Indonesia melalui jasa pemeriksaan pra-pengapalan yang bertaraf internasional.

Layanan independent assurance mereka difokuskan pada empat sektor yaitu: Penguatan Institusi Kelembagaan, Infrastruktur, Mineral dan Batubara, Migas dan Sistem Pembangkit.

PT Surveyor Indonesia menjadi mitra strategis bagi pemerintah, swasta dan partner kerja perusahaan lainnya untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya dan produk dalam negeri pada bidang infrastruktur, kemaritiman, energi dan ketahanan pangan.

Baca juga artikel terkait BUMN atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Maya Saputri