Kebakaran Hutan dan Lahan di Sumatera

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pekanbaru dibantu Pemadam Kebakaran Kota Pekanbaru berjibaku memadamkan bara api yang membakar lahan gambut ditengah pekatnya asap kebakaran lahan di Pekanbaru, Riau, Selasa (6/8/2019). Kebakaran lahan dikawasan tersebut telah berlangsung selama tiga hari belakangan ini dan petugas terus berupaya memadamkan bara api kebakaran lahan secara optimal agar kebakaran yang menyebabkan kabut asap tak semakin meluas. ANTARA FOTO/Rony Muharrman.
Petugas Manggala Agni Daops Kota Jambi saat mengupayakan pemadaman kebakaran lahan gambut di Kumpeh Ulu, Muarojambi, Jambi, Selasa (6/8/2019). Meski Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mencatat jumlah titik panas di Provinsi Jambi terus menurun dalam dua hari terakhir hingga tinggal 7 titik pada hari ini, namun kebakaran lahan gambut di Kumpeh Ulu, Muarojambi yang telah memasuki hari ke-10 pemadaman masih belum berhasil dipadamkan dan terus meluas ke arah utara, selatan, dan timur. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan.
Petugas Manggala Agni Daops Kota Jambi membawa selang saat mengupayakan pemadaman kebakaran lahan gambut di Kumpeh Ulu, Muarojambi, Jambi, Selasa (6/8/2019). Meski Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mencatat jumlah titik panas di Provinsi Jambi terus menurun dalam dua hari terakhir hingga tinggal 7 titik pada hari ini, namun kebakaran lahan gambut di Kumpeh Ulu, Muarojambi yang telah memasuki hari ke-10 pemadaman masih belum berhasil dipadamkan dan terus meluas ke arah utara, selatan, dan timur. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan.
Foto udara petugas Manggala Agni Daops Kota Jambi saat mengupayakan pemadaman kebakaran lahan gambut di Kumpeh Ulu, Muarojambi, Jambi, Selasa (6/8/2019). Meski Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mencatat jumlah titik panas di Provinsi Jambi terus menurun dalam dua hari terakhir hingga tinggal 7 titik pada hari ini, namun kebakaran lahan gambut di Kumpeh Ulu, Muarojambi yang telah memasuki hari ke-10 pemadaman masih belum berhasil dipadamkan dan terus meluas ke arah utara, selatan, dan timur. ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan.
Tim Maggala Agni memadamkan kebakaran lahan gambut di desa Pulau Semambu, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (6/8/2019). Presiden Joko Widodo menginstruksikan kesejumlah instansi terkait untuk segera mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang intensitasnya meningkat dibanding tahun 2018. ANTARA FOTO/Ahmad Rizki Prabu.
Warga berupaya memadamkan kebakaran lahan gambut di desa Pulau Semambu, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (6/8/2019). Presiden Joko Widodo menginstruksikan kesejumlah instansi terkait untuk segera mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang intensitasnya meningkat dibanding tahun 2018. ANTARA FOTO/Ahmad Rizki Prabu.
Warga berupaya memadamkan kebakaran lahan gambut di desa Pulau Semambu, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (6/8/2019). Presiden Joko Widodo menginstruksikan kesejumlah instansi terkait untuk segera mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang intensitasnya meningkat dibanding tahun 2018. ANTARA FOTO/Ahmad Rizki Prabu.
Kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla terjadi di sebagian wilayah Sumatera, Selasa (7/8/2019).
7 Agustus 2019
Kebakaran hutan dan lahan atau Karhutla terjadi di sebagian wilayah Sumatera, Selasa (7/8/2019). BMKG mendeteksi adanya 85 titik panas kebakaran hutan di wilayah Sumatera dimana 54 titilberada di Provinsi Riau. Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyatakan enam provinsi di Indonesia masuk kategori siaga darurat kebakaran hutan. Keenam provinsi tersebut meliputi Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Selatan. Lahan dan hutan terbakar paling banyak juga terjadi di Kalimantan Timur (5.153 hektare), Kepulauan Riau (4.969 ha), Sumatera Selatan (2.274 hektare) juga Kalimantan Utara dengan luas lahan-hutan terbakar mencapai 792 hektare.tirto.id/ANTARA FOTO


DarkLight