Katy Jurado dan Deretan Filmnya yang Laris di Hollywood

Oleh: Maya Saputri - 16 Januari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Katy Jurado, yang dijadikan Google doodle hari ini, sudah mendapat peran “femme fatale” dengan karakter rumit di debut filmnya.
tirto.id - Hari ini, Selasa (16/1/2018), Google mengabadikan aktris Meksiko, Katy Jurado menjadi doodle bertepatan dengan hari ulang tahunnya ke-94.

Perempuan kelahiran Guadalajara, Meksiko, pada 6 Januari 1924 ini memulai awal karirnya di Meksiko tahun 1943. Katy sudah mendapat peran “femme fatale” dengan karakter rumit di debut filmnya.

Menginjak usia remaja, Katy sempat tidak diizinkan oleh keluarganya untuk terjun di dunia akting. Namun tekadnya bulat meski harus menandatangani kontrak pertamanya secara rahasia, tanpa ada keluarganya yang tahu.


Beberapa deretan filmnya yang laris dan melambungkan namanya di Hollywood:
    • The Bullfighter & The Lady (1951) Katy melakukan casting pertamanya di Hollywood di film Bullfighter and the Lady (1951) dengan bahasa Inggris yang masih pas-pasan, ia mengucapkan dialognya dengan cara menghafal bunyi kata tanpa tahu artinya.
    • High Noon (1952) Meski dengan pendekatan yang ganjil saat menghafal naskah, produser Hollywood tetap meng-casting dia di film klasik Barat, High Noon (1952). Di film itu, Katy berperan mumpuni sebagai Helen Ramirez sehingga meraih Golden Globe untuk Pemeran Pendukung Terbaik.
    • Broken Lance (1954) Katy juga mendapatkan nominasi Academy Award untuk peran pendukungnya di tahun 1954 sebagai istri Indian Spencer Tracy dalam filmnya Broken Lance.
    • One-Eyed Jacks (1960) Katy Jurado dan Marlon Brando bertemu saat Brando sedang syuting di Meksiko Viva Zapata! Padahal saat itu Brando juga sedang mendekati Movita Castaneda dan Rita Moreno. Brando mengatakan kepada Joseph L. Mankiewicz bahwa dia tertarik pada "mata Katy Jurado yang penuh teka-teki, hitam sekali, menunjuk Anda seperti anak panah berapi-api".
      Mereka sempat menjalin hubungan beberapa tahun hingga bekerja sama dalam film One-Eyed Jacks (1960), sebuah film yang disutradarai oleh Brando.
    • Pat Garrett and Billy the Kid (1973) Film drama khas Amerika yang disutradarai Sam Peckinpah yang menampilkan Katy Jurado dengan James Coburn yang menceritakan tentang keluarga kaya di Meksiko. Soundtrack film ini juga ditulis oleh Bob Dylan.

    Selain itu, Katy juga tercatat sebagai aktris Meksiko pertama yang berhasil dinominasikan di Academy Award. Yang kedua Salma Hayek masuk nominasi pada tahun 2003 di film Frida.

    Katy meninggal dunia di usia 78 tahun di rumahnya di Cuernavaca, Morelos, Meksiko pada 5 Juli
    2002. Ia menderita penyakit paru-paru, hati dan gagal ginjal.

    Katy Jurado juga telah diabadikan di Hollywod Walk Fame untuk kontribusi di industri film. Tak heran dengan segenap pencapaiannya, Katy layak diabadikan dalam Goodle doodle hari ini.


    Baca juga artikel terkait GOOGLE DOODLE atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
    (tirto.id - Humaniora)

    Reporter: Maya Saputri
    Penulis: Maya Saputri
    Editor: Maya Saputri