Kata Menristekdikti Soal Nilai UTBK yang Jadi Syarat SBMPTN 2019

Reporter: Alfian Putra Abdi, tirto.id - 10 Jun 2019 14:36 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Pendaftaran SBMPTN 2019 dibuka mulai hari ini dengan salah satu syarat yaitu memiliki nilai UTBK.
tirto.id - Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir mengatakan pada hari ini (10/6/2019) pendaftaraan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) telah dibuka sampai dengan 24 Juni 2019.

Para calon peserta didik yang sudah rampung mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) bisa segera melakukan pendaftaran dengan hasil nilai yang mereka peroleh di https://pendaftaran-sbmptn-2.ltmpt.ac.id/.

Ia juga berharap, dengan perolehan nilai UTBK yang menjadi syarat mendaftar ke PTN melalui jalur SBMPTN, dapat meminimalisir kegagalan peserta didik dalam menentukan pilihan pendidikannya.


"Supaya tingkat kegagalan anak itu lebih rendah. Jadi supaya lebih sesuai dengan minat dan bakat anak masing-masing," ujarnya di Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019).


Ia juga mengatakan, dengan perolehan nilai UTBK 2019 maka peserta didik bisa menyesuaikan dirinya dapat berkuliah di universitas dan jurusan yang memang sesuai dengan kemampuannya.

"Harapan saya adalah sesuai dengan apa yang diminati terhadap bidang ilmu yang telah dipilih, dengan kemampuan UTBK yang telah mereka capai. Dan bukan lagi memilih atas keinginan yang tidak sesuai kemampuannya," tuturnya.

Merujuk informasi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), pendaftaraan SBMPTN dimulai sejak pukul 13.00 WIB. Syarat SBMPTN 2019 yang mesti dipenuhi peserta antara lain:

1. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2017, 2018 harus sudah memiliki ijazah.
2. Siswa SMA/MA/SMK/Sederajat lulusan tahun 2019 harus memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah, sekurang-kurangnya memuat informasi jati diri dan pasfoto berwarna terbaru yang bersangkutan dengan ditandatangani oleh kepala sekolah dan dibubuhi cap stempel yang sah.
3. Memiliki Nilai UTBK.
4. Memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses studi.

5. Memiliki NISN.
6. Peserta yang memilih program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio.
7. Biaya UTBK ditanggung oleh peserta dan subsidi pemerintah.
8. Tidak lulus jalur SNMPTN 2019.


Baca juga artikel terkait SBMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Alfian Putra Abdi
(tirto.id - Pendidikan)

Reporter: Alfian Putra Abdi
Penulis: Alfian Putra Abdi
Editor: Yantina Debora

DarkLight