STOP PRESS! Kapolri: Rizieq Shihab Sudah Diperiksa di Arab Saudi

Kapolda Papua Siap Dicalonkan Sebagai Calon Gubernur

Kapolda Papua Siap Dicalonkan Sebagai Calon Gubernur
Tamu memenuhi halaman Gedung Negara Kota Jayapura, Papua, saat diresmikan, Minggu (9/4). Gedung negara ini memiliki berbagai fasilitas antara lain kamar dan ruang tamu presiden, aula, kediaman gubernur, taman, air mancur, landasan helikopter, juga terdapat 50 kamera pengintai. ANTARA FOTO/Indrayadi TH.
Sumber: antara
21 April, 2017 dibaca normal 1 menit
Kapolda Papua aktif Irjen Pol Paulus Waterpauw siap dicalonkan sebagai calon gubernur Papua. Syaratnya dua, dapat restu pimpinan dan rakyat Papua.
tirto.id - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengaku siap menjadi calon Gubernur Papua pada Pilgub 2018 mendatang seandainya pimpinan merestuinya.

"Semuanya itu kembali kepada pimpinan, bila ada perintah atau restu maka sebagai prajurit siap untuk melaksanakannya," kata Waterpauw di Jayapura, Papua, Kamis (20/4/2011).

Seperti diketahui Kapolri Jendral Tito Karnavian dalam Telegram Kapolri nomor: ST/1034/IV/2017 tertanggal 18 April 2017 memutasi Waterpauw sebagai Wakabaintelkam Polri. Jabatannya sekarang akan segera diisi oleh Irjen Pol Boy Rafli Amar yang kini menjabat sebagai Kadiv Humas Polri. 

Selain mendapat restu dari pimpinan, Waterpauw mengatakan, yang paling penting adalah kehendak dan keinginan masyarakat Papua, apakah menginginkan dirinya menjadi pemimpin di provinsi paling timur Indonesia itu.

"Sebagai putra asli Papua bila dipercayakan oleh masyarakat dan mereka rindu akan kepemimpinan untuk menjadi calon gubernur, maka saya akan siap maju dan bertarung," ujar dia.

Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Port Numbay George Awi tidak secara langsung mengaku atau mendukung Waterpauw. Tapi dia hanya menyetakan mendukung siapapun putra Papua yang akan maju dalam pilgub mendatang.

"Sebagai orang adat, kami mendukung semua putra asli Papua yang mau maju sebagai calon gubernur dalam Pilkada 2018 mendatang. Mereka yang berani maju adalah putra terbaik dan memiliki hak yang sama," kata dia.

Sementara Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) Provinsi Papua mulai mewacanakan untuk mengusung Waterpauw sebagai calon gubernur di Bumi Cenderawasih periode 2018-2023.

Wacana tersebut diungkapkan Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Papua Yorry Raweyai saat membuka Musyawarah Daerah (Musda) Golkar se-wilayah I Tabi di kantor DPD di Jalan Percetakan, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Senin (10/4) kemarin.

Baca juga artikel terkait KAPOLDA PAPUA atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - agu/agu)

Keyword