Kapan Jadwal Turnamen Pramusim Liga 1 2021 Versi Nine Sport?

Oleh: Iswara N Raditya - 19 Mei 2021
Dibaca Normal 1 menit
Nine Sports berencana menggelar turnamen pramusim Liga 1 2021 dengan mengundang klub-klub dari luar negeri.
tirto.id - Setelah Piala Menpora 2021, turnamen pramusim lainnya sebelum kick off Liga 1 2021 direncanakan akan digelar lagi. Kali ini adalah perusahaan Nine Sport Inc. selaku penyelenggara. Lantas, kapan jadwal pelaksanaan ajang turnamen sepak bola tersebut?

CEO Nine Sport Inc. Arif Putra Wicaksono mengatakan bahwa pihaknya berniat menghelat turnamen pramusim tersebut pada Juni 2021 mendatang dan dijadwalkan selesai 10 hari sebelum kompetisi Liga 1 2021 dimulai.

Hanya saja, hingga saat ini belum diperoleh kepastian kapan Liga 1 2021 bakal kick-off mengingat PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi masih menunggu turunnya izin keramaian dari kepolisian.

“Jadi, jadwal turnamen nanti bergantung pada tanggal liga. Untuk perizinan dan koordinasi dengan pihak terkait, kami masih berkomunikasi dengan mitra-mitra kami," ungkap Arif Putra Wicaksono dikutip dari Antara, Selasa (18/5/2021).

Mengenai klub-klub peserta, Nine Sports menyebutkan sudah ada 14 tim yang bersedia berpartisipasi di turnamen pramusim nanti, termasuk klub-klub dari Liga 1 maupun Liga 2. Bahkan, Nine Sports berencana mengundang klub luar negeri.

"Sampai saat ini, kurang lebih ada 14 tim yang menyatakan ingin ikut ambil bagian," kata Arif Putra Wicaksono.

Klub-klub Liga 1 yang diklaim bakal ikut turnamen pramusim Nine Sports di antaranya adalah Arema FC, Persebaya Surabaya, Barito Putera, serta juara Piala Menpora 2021, Persija Jakarta, dan masih diupayakan beberapa klub mapan lainnya.

”Kami berkomunikasi dengan Persib. Untuk Bali United saat ini masih disibukkan persiapan Piala AFC," ujar Arif Putra Wicaksono.

Sedangkan dari Liga 2 ada klub yang dimiliki Raffi Ahmad dan Rudy Salim yakni RANS Cilegon FC, Persis Solo kepunyaan Kaesang Pangarep, Erick Thohir, dan Kevin Nugroho, juga Sriwijaya FC, PSMS Medan, serta PSG Pati.

Arif Putra Wicaksono menambahkan, untuk peserta dari luar negeri, sejauh ini ada Sabah FC dari Malaysia. Nine Sports akan mengusahakan kehadiran klub dari Eropa maupun Australia.

"Kami terus mencoba mendatangkan tim Eropa. Namun masih sulit karena akan ada Piala Eropa. Kami mengupayakan pula dari Australia karena masih dekat,” papanya.

Diharapkan, tim-tim peserta yang akan terlibat di turnamen pramusim Liga 1 2021 besutan Nine Sport nanti terus meningkat.

"Kalau memang bertambah, idealnya diikuti 16 tim jadi bisa dibagi ke empat grup. Akan tetapi, kondisi masih dapat berubah. Kami masih melihat perkembangan animonya," tutup Arif Putra Wicaksono.


Kapan Liga 1 dan 2 2021 Dimulai?

Terkait rencana pelaksanaan kompetisi, PSSI merencanakan Liga 1 2021 akan dimulai pada 3 Juli 2021 mendatang.

Sedangkan untuk Liga 2 2021 dijadwalkan dimulai dua pekan setelah kick off Liga 1 2021. Berikutnya akan menyusul Liga 3, Elite Pro Academy (EPA), Piala Soeratin, dan lainnya.

Mengenai perizinan, PSSI dan PT LIB sudah mengirimkan kepada Polri terkait surat permohonan izin keramaian Liga 1 dan Liga 2 2021, juga ditembuskan kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kementerian Kesehatan, dan Satgas COVID-19.

Namun, hingga saat ini, belum dapat dipastikan apakah Polri akan memberikan izin keramaian untuk menggelar kompetisi Liga 1 dan Liga 2 2021 atau tidak.

Format kompetisi Liga 1 2021 kemungkinan akan mengacu pada Piala Menpora 2021 lalu, yakni melangsungkan seluruh pertandingan di satu pulau demi meminimalisir penyebaran COVID-19, dan akan dijalankan dengan protokol kesehatan yang ketat.

Baca juga artikel terkait LIGA 1 2021 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight