Menuju konten utama

Kapan Insentif Prakerja Cair & Cara Sambung Rekening ke BNI, OVO

Cara menyambung atau menautkan rekening/e-wallet ke OVO, rekening BNI, Gopay, DANA, LinkAja.

Kapan Insentif Prakerja Cair & Cara Sambung Rekening ke BNI, OVO
Ilustrasi Kartu Pra Kerja. foto/prakerja.go.id

tirto.id - Melalui laman media sosial resminya, pelaksana program Prakerja mengatakan bahwa

batas akhir pembayaran insentif untuk penerima Kartu Prakerja 2020 adalah 5 Maret 2021.

Sehingga bagi Anda yang sudah lolos program Prakerja diimbau agar segera menautkan atau menyambungkan rekening atau e-wallet untuk dapat menerima insentif.

"5 Maret 2021 adalah batas akhir pembayaran insentif bagi semua penerima Kartu Prakerja tahun 2020. Bila Sobat belum menautkan rekening atau e-wallet, maka Sobat tidak dapat menerima dana insentif. Seluruh dana insentif yang tidak tersalurkan akan dikembalikan ke Kas Negara," tulis media sosial resmi Prakerja.

Sementara itu untuk batas akhir menautkan atau menyambungkan rekening maupun e-wallet adalah Kamis (4/3/2021).

"4 Maret 2021 adalah batas akhir untuk menautkan rekening atau e-wallet serta batas akhir mengubah rekening atau e-wallet bagi semua penerima Kartu Prakerja tahun 2020," tulisnya.

Setelah melewati batas akhir, maka fitur untuk menautkan rekening atau e-wallet akan nonaktif. Bagi Anda yang belum menautkan rekening atau e-wallet serta jika ingin mengubah rekening atau e-wallet, diimbau agar segera melakukannya paling lambat 4 Maret 2021, pukul 23.59.

Cara menyambungkan nomor rekening atau akun e-wallet ke OVO, rekening BNI, Gopay, DANA, LinkAja

Berikut cara untuk menyambungkan nomor rekening atau akun e-wallet ke OVO, rekening BNI, Gopay, DANA, LinkAja, melansir laman resmi Prakerja.

Sebelum menyambungkan rekening bank atau e-wallet, pastikan:

  1. Nomor rekening bank dan e-wallet/e-money Anda merupakan atas nama Anda sendiri (menggunakan NIK yang sama dengan NIK yang terdaftar di Kartu Prakerja) ;
  2. Jika memilih e-wallet, pastikan Anda telah mempunyai akun e-wallet di salah satu mitra kami (OVO, LinkAja, Gopay, DANA);
  3. Pastikan nomor HP yang teregistrasi di Kartu Prakerja merupakan nomor telepon akun e-wallet/e-money Anda;
  4. Akun e-wallet Anda sudah di-upgrade atau akun e-wallet yang KYC (verifikasi KTP & swafoto).
Cara menyambung rekening/e-wallet ke OVO, rekening BNI, Gopay, DANA, LinkAja:

1. Login ke akun Anda di www.prakerja.go.id

2. Masuk ke dashboard akun Anda

3. Pada bagian Rekening, klik Sambungkan Rekening

4. Pilih bank atau e-wallet pilihanmu, lalu klik Sambungkan

5. Jika Anda memilih nomor rekening bank, masukan data rekening Anda. Pastikan Anda memasukkan data yang benar.

6. Jika Anda memilih e-wallet, pastikan nomor HP yang teregistrasi di akun Kartu Prakerja merupakan nomor telepon e-wallet Anda yang telah KYC atau e-wallet yang sudah di-upgrade atau premium.

7. Jika nomor HP sudah benar, klik Aktifkan atau Konfirmasi

8. Masukkan nomor OTP yang telah dikirimkan via SMS ke nomor HP Anda

9. Jika Anda telah salah memasukkan OTP lebih dari 4 (empat) kali, maka Anda harus menunggu dan mencoba kembali setelah 1 (satu) jam untuk mengirimkan ulang OTP yang benar.

10. Selamat, Anda berhasil menyambungkan rekening/e-wallet Anda! Lalu akan keluar tulisan "Rekening Tersambung!"

Bagaimana jika gagal menyambungkan nomor rekening atau e-wallet?

1. Pastikan Anda memasukkan nomor rekening atau nomor HP yang digunakan di e-wallet Anda dengan benar dan OTP yang benar. Untuk saat ini, Anda bisa mendaftarkan nomor rekening BNI dan nomor HP e-wallet OVO, LinkAja, Gopay dan DANA.

2. Jika Anda gagal karena memasukkan nomor HP yang belum terdaftar di e-wallet seperti pada gambar di bawah ini, daftarkan terlebih dahulu ke e-wallet pilihan Anda (OVO, LinkAja, Gopay atau DANA).

3. Rekening bank atau e-wallet akan gagal tersambung jika NIK di rekening bank atau e-wallet tidak sama dengan yang teregistrasi di akun Kartu Prakerja. Anda wajib memakai NIK Anda sendiri yang terdaftar di akun Kartu Prakerja dan tidak boleh memakai NIK orang lain.

4. E-wallet Anda juga akan gagal tersambung jika Anda belum upgrade akun e-wallet Anda. Lakukan upgrade akun e-wallet Anda terlebih dahulu di aplikasi e-wallet yang ingin Anda sambungkan.

Jika Anda masih mengalami kendala pada saat menyambungkan rekening bank atau e-wallet, Anda dapat menghubungi customer service mitra bank dan e-wallet di:

Mitra Pembayaran:

Bagaimana cara upgrade akun e-wallet?

Anda dapat melakukan upgrade akun e-wallet di aplikasi e-wallet pilihan Anda (OVO, LinkAja, Gopay, DANA). Ikuti langkah-langkah upgrade di aplikasi e-wallet tersebut.

Jika Anda masih mengalami kendala, Anda dapat menghubungi customer service e-wallet di:

Bagaimana jika Anda belum upgrade akun e-wallet?

Jika Anda belum melakukan melakukan upgrade akun e-wallet Anda, akan muncul tampilan seperti ini:

Segera lakukan upgrade e-wallet agar Anda dapat menerima insentif, ya!

Bagaimana jika akun bank atau e-wallet Anda tidak aktif atau terblokir?

Akun bank/e-wallet yang tidak aktif atau terblokir akan muncul tampilan notifikasi seperti di bawah ini:

Bagaimana jika nama Anda tidak sesuai dengan rekening bank?

Jika nama Anda tidak sesuai dengan nama yang terdaftar di rekening bank, akan muncul tampilan seperti ini:

Silakan menghubungi BNI Call Center atau mengunjungi BNI terdekat.

Bagaimana jika dara rekening Anda sudah pernah didaftarkan?

Jika rekening bank yang Anda daftarkan sudah pernah didaftarkan sebelumnya, Anda bisa menggantinya dengan rekening bank yang lain.

Bagaimana cara Anda melakukan pemutusan nomor rekening atau akun e-wallet untuk insentif Prakerja?

Jika Anda telah menyambungkan rekening e-wallet, Anda bisa mengikuti langkah berikut:

1. Pada tampilan dashboard rekening Anda, pilih Atur

2. Klik Putuskan Rekening untuk memutuskan rekening Anda

3. Klik Putuskan Rekening

4. Sistem akan memproses putusan rekening

5. Rekening berhasil diputuskan. Anda harus segera menyambung ulang rekening sesuai langkah penyambungan rekening.

Jika sebelumnya Anda telah menyambungkan rekening bank BNI, Anda bisa ikuti langkah berikut:

1. Pada tampilan dashboard rekening Anda, pilih Atur

2. Klik Putuskan Rekening untuk memutuskan rekening Anda.

3. Klik Putuskan Rekening

4. Sistem akan memproses pemutusan rekening

5. Rekening berhasil diputuskan. Anda harus menyambung ulang rekening sesuai langkah penyambungan rekening.

Baca juga artikel terkait PRAKERJA atau tulisan lainnya dari Nur Hidayah Perwitasari

tirto.id - Sosial budaya
Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Agung DH