Kapan HUT DKI Jakarta 2023 & Cara Merayakannya Bersama Keluarga

Kontributor: Erika Erilia, tirto.id - 22 Jun 2023 09:57 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Penetapan 22 Juni sebagai hari ulang tahun Jakarta tentunya tak lepas dari sejarah yang terjadi ratusan tahun lalu.
tirto.id - DKI Jakarta akan memperingati hari jadinya pada 22 Juni 2023. Tahun ini, ibu kota Republik Indonesia tersebut sudah genap berusia 496 tahun.

Penetapan 22 Juni sebagai hari ulang tahun Jakarta tentunya tak lepas dari sejarah yang terjadi ratusan tahun lalu. Jauh sebelum menjadi kota metropolitan yang modern seperti sekarang, Jakarta dulunya hanyalah pelabuhan kecil di estuari Sungai Ciliwung.

Dikutip dari portal resmi DKI Jakarta, para pengembara Eropa di abad ke-16 kerap menyebut pelabuhan kecil tersebut dengan nama Kalapa. Pelabuhan ini merupakan pelabuhan utama Kerajaan Sunda dan jadi pusat perdagangan bangsa-bangsa Eropa seperti Portugis.

Lalu pada 22 Juni 1527, Pangeran Fatahillah menyerang dan menaklukkan wilayah pelabuhan tersebut dan mengganti namanya menjadi Jayakarta.Tanggal penyerangan inilah yang kemudian ditetapkan sebagai hari jadi DKI Jakarta dan terus diperingati sampai sekarang.

Tema dan Logo HUT DKI Jakarta 2023


Tahun ini, peringatan HUT DKI Jakarta mengambil tema "Jadi Karya untuk Nusantara". Tema ini memiliki makna bahwa Jakarta siap mengoptimalkan segala sumber daya yang dimiliki untuk kepentingan bangsa. Sebagai ibu kota negara, Jakarta juga siap mewujudkan kesejahteraan masyarakat luas dan menjadi pemantik kemajuan bagi daerah lainnya.

Pemerintah setempat juga telah merilis logo HUT DKI Jakarta yang didominasi warna biru. Logo tersebut menampilkan tulisan "Sukses Jakarta untuk Indonesia" yang merupakan slogan baru Kota Jakarta. Sementara di bagian tengah, terdapat angka 496 yang menunjukkan usia Kota Jakarta beserta tema "Jadi Karya untuk Nusantara".

Meski didominasi warna biru, logo ini juga menampilkan beberapa warna lain seperti merah, kuning, dan hijau. Setiap warnanya pun memiliki makna sebagai berikut:
  • Biru muda: melambangkan pertumbuhan Jakarta untuk menjadi kota global.
  • Biru tua: melambangkan komitmen Kota Jakarta untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat.
  • Hijau: simbol harmoni, sinergi, serta integrasi masyarakat dalam mencapai pembangunan yang berkesinambungan.
  • Kuning: simbol optimisme dan harapan transformasi Jakarta dari Ibu Kota Negara (IKN) menjadi kota bisnis berskala global.
  • Merah: simbol keberanian serta semangat Kota Jakarta dalam menghadapi tantangan di segala sektor.
Tak hanya warna, setiap elemen pada logo HUT DKI Jakarta juga memiliki makna tersendiri. Berikut filosofi dari logo yang telah dirilis:
Angka 496: usia Kota Jakarta di tahun 2023
  • Bentuk spiral pada angka 9: simbol pergerakan, pertumbuhan, serta transformasi Jakarta menuju kota bisnis berskala global.
  • Kembang api berwarna merah: simbol semangat dalam menjalankan pembangunan kota yang berkelanjutan.
  • Manusia (di antara angka 4 dan 9): mewakili semangat sinergi warga dalam menyambut pagelaran internasional yang melibatkan Jakarta, mulai dari Keketuaan ASEAN hingga perpindahan ibu kota ke IKN Nusantara.
  • Atap rumah (di antara angka 9 dan 6): simbol bahwa Jakarta siap menjadi rumah yang akan melindungi semua warganya.
Bagi Anda yang ingin mengunduh logo HUT DKI Jakarta, klik tautan berikut:Link download logo HUT DKI Jakarta

Cara Merayakan HUT DKI Jakarta 2023 Bersama Keluarga

Ada banyak cara untuk merayakan HUT DKI Jakarta tahun ini. Anda dan keluarga bisa merayakannya dengan mengunjungi sejumlah objek wisata yang ada di ibu kota. Apalagi sekolah mulai memasuki libur panjang kenaikan kelas pada Juni hingga Juli 2023.

Jakarta sendiri diketahui memiliki banyak objek wisata yang family friendly, mulai dari Kebun Binatang Ragunan, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Dunia Fantasi (Dufan), Pantai Ancol, hingga Kota Tua.

Selain berwisata bersama keluarga, Anda juga dapat mendatangi berbagai acara yang memang digelar untuk merayakan HUT DKI Jakarta. Pemerintah setempat diketahui telah menyiapkan rangkaian acara yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Berikut beberapa acara yang bisa dinikmati bersama keluarga:
  • Festival Jakarta Great Sale: 21 Mei - 21 Juli 2023
  • Kegiatan Literasi: 22 Mei - 22 Juni 2023
  • Semasa: 4 - 6 Juni 2023
  • Pekan Raya Jakarta: 14 Juni - 16 Juli 2023
  • Festival Kolaborasi Jakarta: 14 Juni - 16 Juli 2023
  • JaKreatiFest: 16 Juni - 3 Juli 2023
  • Indonesia Comic Con Pop Asia: 23 - 25 Juni 2023
  • Monas Week: 20 - 25 Juni 2023
  • Parade Komunitas Kota Tua: 24 Juni 2023
  • Pameran Arsip: 25 - 30 Juni 2023
Salah satu acara unggulan yang dinantikan banyak orang adalah Pekan Raya Jakarta (PRJ) atau Jakarta Fair. Seperti tahun-tahun sebelumnya, PRJ kali ini juga akan menghadirkan beragam acara seru seperti konser musik, karnaval, hingga kegiatan sosial seperti donor darah.

Konser musik akan digelar setiap hari sesuai jadwal yang sudah ditentukan (kecuali malam Idul Adha pada 28 Juni 2023). Konser ini pun diramaikan sejumlah musisi ternama, sebut saja Fiersa Besari, Superman Is Dead, Wali, Padi Reborn, Ungu, Lyodra, Slank, Raisa, JKT48, dan masih banyak lagi.

Untuk informasi lebih lanjut tentang PRJ dan semua jadwal acaranya, kunjungi laman resminya di Jakarta Fair.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Erika Erilia
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight