Kapan Hari Valentine 2022: Mengapa Dirayakan 14 Februari?

Penulis: Dipna Videlia Putsanra, tirto.id - 8 Feb 2022 10:05 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Kapan Hari Valentine 2022 dan sejarah diperingati 14 Februari.
tirto.id - Tanggal berapa Hari Valentine 2022? Hari Valentine 2022 jatuh pada tanggal 14 Februari. Hari ini juga disebut Hari St. Valentine. Pada hari ini, biasanya setiap orang akan mengungkapkan kasih sayang dengan kata-kata indah dan hadiah.

Hari Valentine bersamaan dengan festival Romawi Lupercalia, yang diadakan pada pertengahan Februari. Festival ini dilakukan untuk merayakan datangnya musim semi, termasuk upacara kesuburan dan pemasangan undian untuk menjodohkan pria dan wanita.

Pada akhir abad ke-5, Paus Gelasius I melarang perayaan Lupercalia dan orang-orang pun menggantinya dengan Hari St. Valentine. Dilansir Britannica, asal mula Valentine sebenarnya tidak untuk merayakan hari romantis. Tujuan perayaan pun berubah pada sekitar abad ke-14.


Mengapa Valentine Diperingati pada 14 Februari?


Meskipun ada banyak Valentine yang terkait dengan hari santo pelindung, sejarawan percaya bahwa elemen romantis dari bagaimana Hari Valentine dirayakan hari ini berasal dari seorang imam yang menjadi martir pada masa kaisar Claudis II Gothicus sekitar 270 Masehi.

Banyak versi cerita dari St Valentine. Beberapa mengatakan ia menikahi pasangan secara rahasia untuk mencegah pria pergi berperang, yang lain mengatakan St Valentine menyembuhkan orang buta, dan beberapa percaya, St Valentine menulis pesan kepada putrinya yang ditandatangani dengan kata-kata "Your Valentine".

Dilansir National Today, selama tahun 1400-an hari itu dikaitkan dengan romansa. Pesan, atau 'Valentines' begitu mereka dipanggil, mulai bermunculan. Surat dan puisi tulisan tangan yang menyatakan kasih sayang menjadi semakin populer.

Pada pertengahan 1800-an, kartu Valentine mulai diproduksi secara komersial dan hadiah tradisional adalah permen dan bunga, terutama mawar merah yang melambangkan cinta dan keindahan.

Legenda Valentine yang paling umum adalah bahwa St. Valentine menentang perintah kaisar dan diam-diam menikahkan pasangan untuk menyelamatkan para suami dari perang. Karena alasan inilah hari rayanya dikaitkan dengan cinta.

Hari Valentine diperingati pada 14 Februari untuk menggantikan perayaan Lupercalia yang kala itu dianggap sebagai perayaan yang kejam.

Surat-surat Valentine mulai muncul pada tahun 1500-an, dan pada akhir 1700-an mulai muncul kartu Valentine yang dicetak secara komersial. Kartu Valentine komersial pertama di Amerika Serikat dicetak pada pertengahan 1800-an.

Valentine biasanya menggambarkan Cupid, dewa cinta Romawi, bersama dengan hati, yang secara tradisional merupakan pusat emosi. Karena dianggap bahwa musim kawin burung dimulai pada pertengahan Februari, burung juga menjadi simbol Valentine.

Hari Valentine populer di Amerika Serikat serta di Inggris, Kanada, dan Australia, dan juga dirayakan di negara lain, termasuk Argentina, Prancis, Meksiko, dan Korea Selatan.

Di Filipina, Valentine jadi hari ulang tahun pernikahan yang paling umum, dan terjadi pernikahan massal ratusan pasangan. Beberapa negara juga menjadikan Valentine sebagai hari libur. Banyak anak sekolah saling bertukar kasih sayang pada hari ini.

Baca juga artikel terkait VALENTINE atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Yantina Debora

DarkLight