tirto.id - TikTok Indonesia akan menggelar kampanye bertajuk “Serunya Belajar” untuk menyemarakkan momentum peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2025. Senior Manager PR & Communication TikTok Indonesia, Edwin Lengkei, mengatakan kampanye tersebut dilatarbelakangi oleh perkembangan konten edukasi yang pesat di platform TikTok, terutama karya pengguna dari tanah air.
“Selama lima tahun terakhir, kami melihat bahwa perkembangan konten edukasi di Indonesia benar-benar berkembang pesat,” kata Edwin pada acara #SerunyaBelajar TikTok di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu (30/4/2025).
Pertumbuhan tersebut terlihat dari tagar edukasi yang tersemat di sekitar 24 juta konten TikTok. Adapun tiga tagar edukasi terpopuler adalah SerunyaBelajar, SamasamaBelajar, dan SerunyaMembaca.
Menurut Edwin, ramainya pengguna yang menggunakan tagar edukasi tersebut menunjukkan bahwa proses kegiatan belajar juga dapat berlangsung di ranah media sosial seperti TikTok.
“Kita bisa lihat bahwa ternyata informasi edukasi itu enggak cuma selalu harus terbatas pada edukasi yang kita terima di sektor formal,” kata dia.
Edwin mengakui keberhasilan ini tidak lepas dari kontribusi konten kreator edukasi. Sebab itu, kampanye “Serunya Belajar” mengajak seluruh pengguna untuk berkreasi dalam konten edukasi.
Kampanye yang sebelumnya pernah dilaksanakan pada 2022 ini akan kembali diselenggarakan mulai 10 Mei sampai dengan 10 Juni 2025 dengan total hadiah Rp40 juta bagi 4 orang pemenang.
Seluruh pengguna TikTok dapat berpartisipasi dengan menggunakan tagar #SerunyaBelajar dalam minimal lima konten unggahan selama waktu pelaksanaan kampanye, serta mengundang pengguna lainnya untuk memberikan dukungan agar memaksimalkan poin penilaian.
“Jangan lupa untuk invite teman-teman semuanya untuk ikutan support video teman-teman biar nanti engagement-nya bagus, views-nya juga bagus, karena cara kami menilai pemenang nanti dilihat dari jumlah unggahan dan total unggahan di video tersebut,” jelas Edwin.
Kampanye untuk menyemarakkan Hari Pendidikan Nasional tersebut, kata Edwin, menegaskan komitmen TikTok untuk mendukung dunia pendidikan di Indonesia.
“Karena kami tahu, satu, minatnya besar. Dua, tugas kami sebagai platform untuk terus memperkaya pengalaman pengguna kami, termasuk di bidang edukasi,” ujar dia.
Langkah TikTok menggelar kampanye #SerunyaBelajar melanjutkan upaya platform ini dalam memperkuat konten edukasi. TikTok sebelumnya meluncurkan Feed STEM untuk menampilkan konten sains, teknologi, rekayasa, dan matematika. Inovasi ini mendatangkan lebih dari 110 juta penayangan secara global.
Penulis: Shofiatunnisa Azizah
Editor: Addi M Idhom
Masuk tirto.id


































