Kali Oya Hutan Bunder Gunungkidul Meluap, Polisi Alihkan Jalur

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 28 November 2017
Bagi pengendara sepeda motor atau mobil yang akan ke Yogyakarta dari Wonosari bisa melewati Posko JR Patuk belok kanan arah Dlingo-Playen-Simpang Tiga Gading, begitu juga sebaliknya.
tirto.id - Kepolisian Resor Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan air dari Kali Oya, Gunungkidul meluap sehingga jembatan kawasan Hutan Bunder tidak bisa dilewati, baik roda dua dan roda empat.

Oleh karena itu, pihaknya menutup jalan nasional Wonosari-Yogyakarta, tepatnya di Jembatan Bunder, Kecamatan Patuk, sampai batas tidak ditentukan karena terjadi luapan Kali Oya sejajar jalan.


"Kami menutup jalan Wonosari-Yogyakarta sejak 13.00 WIB sampai batas waktu yang belum ditentukan karena hujan deras masih mengguyur wilayah Gunung Kidul. Air Kali Oya sudah meluap," kata Kasat Lantas Polres Gunung Kidul AKP Mega Tetuko di Gunung Kidul, Selasa (28/11/2017).

Ia mengimbau bagi pengendara sepeda motor atau mobil yang akan ke Yogyakarta dari Wonosari bisa melewati Posko JR Patuk belok kanan arah Dlingo-Playen-Simpang Tiga Gading, begitu sebaliknya dari Wonosari ke Yogyakarta.

Mega tidak bisa memastikan kapan jembatan bisa dilewati. Hal ini dikarenakan debit air masih sangat tinggi. Selain itu, ia juga tidak bisa memastikan kekuatan dari jembatan.

"Kami akan membuka kembali jembatan Bunder, bila debit air sudah surut. Kami tidak bisa berspekulasi membuka jalan Wonosari-Yogyakarta, khawasan Bunder sebelum air surut. Kami tidak ingin adanya korban jiwa," katanya, seperti dikutip Antara.

Hujan deras dan banjir yang mengguyur Kabupaten Gunungkidul seharian ini mengakibatkan beberapa jalur utama di daerah tersebut dialihkan.

Banjir tersebut telah melumpuhkan jalur Yogyakarta-Wonosari, termasuk juga kawasan Rest Area Bunder, Playen, pada Selasa (28/11/2017) sore. Sementara itu, untuk mengatasi keadaan tersebut pihak kepolisian harus mengalihkan arus kendaraan dari arah Yogyakarta maupun Wonosari.

Selain di daerah Bunder, banjir juga melumpuhkan sejumlah daerah Gunungkidul lain, seperti di jalur utama menuju pantai Baron sampai dengan daerah Nglipar.

“Gak cuma banjir, hujan seharian ini juga menyebabkan longsor di banyak titik di daerah ini,” kata Sunarto, salah satu warga Kecamatan Nglipar, Gunungkidul.


Baca juga artikel terkait BANJIR GUNUNGKIDUL atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight