Kalahkan Djokovic, Murray Juarai ATP World Tour Finals

Oleh: Yuliana Ratnasari - 21 November 2016
Andy Murray bermain tanpa kenal saat berhadapan dengan Novak Djokovic pada Minggu (20/11/2016). Alhasil, Murray berhasil memperoleh gelar ATP World Tour Finals pertamanya.
tirto.id - Petenis asal Inggris Andy Murray meraih gelar ATP World Tour Finals pertamanya setelah menang 6-3 dan 6-4 atas Novak Djokovic. Kemenangan Murray pada Minggu (20/11/2016) ini sekaligus mengamankan posisi peringkat satu pada akhir tahun.

Menghadapi petenis Djokovic yang sering menjadi hambatan terbesarnya, Murray memperlihatkan penampilan tanpa kenal lelah. Alhasil, ia mampu menggeser petenis Serbia itu dari peringkat satu dunianya pada bulan ini.

Murray menambahi gelar ini setelah mahkota Wimbledon dan medali emas Olimpiade Rio yang diraihnya pada musim panas. Meskipun Djokovic meraih gelar Australia Terbuka dan Prancis Terbuka, hanya ada sedikit argumen bahwa Murray kini merupakan petenis terbaik di dunia.

Dari pertandingan ATP World Tour Finals terdapat sedikit momen ketika Djokovic berupaya bangkit dari ketertinggalan 1-4 di set kedua, ketika pengerahan tenaga yang dilakukan Murray selama hampir empat jam pada semifinal saat melawan Milos Raonic mulai terlihat.

Namun Murray tampil tanpa kenal lelah dan meraih kemenangan pada match point ketiganya ketika Djokovic melepaskan pukulan forehand yang melebar.

"Merupakan hal yang istimewa untuk bermain melawan Novak pada pertandingan seperti ini, kami memainkan final-final Grand Slam yang bagus dan di Olimpiade sebelumnya, namun saya sangat gembira untuk memenanginya dan untuk menjadi petenis peringkat satu dunia sangat istimewa. Ini adalah sesuatu yang tidak pernah saya harapkan," kata Murray seperti dikutip dari Antara, Senin (21/11/2016).

Juara Grand Slam tiga kali Murray merupakan petenis ke-17 yang mengakhiri tahun sebagai petenis peringkat satu dunia sejak daftaer peringkat ATP dirilis pada 1973, dan hanya merupakan petenis keempat sejak 2004 -- setelah Roger Federer, Rafael Nadal, dan Djokovic bergantian berbagi posisi puncak tersebut.

Baca juga artikel terkait ANDY MURRAY atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight