Advertorial

Kala Pengendara Kian Terhubung dengan Tunggangannya

Ilustrasi Aplikasi Y Connect. foto/istock/mojo
Oleh: Advertorial - 14 Mei 2020
Dibaca Normal 2 menit
All New NMax 155 Connected/ABS adalah sepeda motor produksi Indonesia pertama yang terkoneksi dengan smartphone.
Pada mulanya adalah kendaraan untuk segmen menengah ke atas. Seiring berjalannya waktu, motor keluaran Yamaha ini diminati kalangan yang lebih luas: NMax.

Pada 4 Februari lalu, saat dua pembalap dunia Valentino Rossi dan Maverick Vinales berkunjung ke Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) memberi kejutan dengan meluncurkan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) pada produk anyar keluaran mereka: All New Nmax 155 Connected/ABS.

”Ini adalah sepeda motor produksi Indonesia pertama yang terkoneksi dengan smartphone yang dapat menghubungkan konsumen dengan sepeda motornya,” kata Minoru Morimoto, President Director & CEO PT YIMM.

Morimoto menegaskan, dengan teknologi Y-Connect yang sudah tersedia di Google Play Store (Android) dan App Store (Apple), All New NMAX Connected/ABS adalah produk unggulan terbaru YIMM. “Jadi kami ingin menyampaikan sebuah tren baru teknologi sepeda motor yang telah dimulai dari Indonesia.”

Adapun harga All New Nmax 155 Connected/ABS yaitu Rp 33.750.000 on the road Jakarta.

Sebagai sebuah inovasi, pada All New NMax 155 Connected/ABS pihak YIMM menekankan aspek keterhubungan (connected) antara pengguna dan produk anyar tersebut. “Konsep ini dimungkinkan karena adanya teknologi Comunication Control Unit (CCU) yang terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect berbasis bluetooth,” sambung Morimoto

Sebagai gambaran, fitur Parking Location memungkinkan pengguna untuk mengetahui di mana posisi terakhir motor diparkir—hal yang tak jarang membuat mereka kebingungan—saat motor terputus (unpair/disconnected) dengan telepon pintar.

Selain itu, ada pula Phone & Messagge Notification. Fitur ini bekerja dengan menampilkan pemberitahuan di layar speedometer saat ada panggilan atau pesan atau email masuk ke gawai pengguna.

Adapun fitur Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery) membantu pengguna untuk mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) serta memberikan rekomendasi untuk maintenance jika keduanya dirasa mulai habis atau performanya menurun.

“Aku jarang sekali memeriksa oli dan accu, tahu-tahu performa motorku mengkhawatirkan,” kata Usman Nurdiansyah (33), wirausahawan yang punya pengalaman motor mendadak mati karena kehabisan accu.

Fitur lain yang tak terpisahkan dari NMax 155 Connected/ABS adalah Fuel Consumption. Fungsinya: membantu pengguna menganalisis pemakaian bahan bakar saat berkendara. Adapun teknologi lain yang tak kalah berguna adalah Malfunction Notification—ia mengirimkan notifikasi melalui email jika terjadi masalah pada motor.

Kebaruan Teknologi dan Desain

Bersama lima fitur di atas, all New NMax 155 Connected/ABS juga dibekali Total New Engine 155cc dengan teknologi Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). “Teknologi Blue Core & VVA menjaga mesin 155 cc tetap efisien bahan bakar dan tenaga serta torsi tetap maksimum di tiap putaran mesin,” terang Morimoto.

Selain itu, teknologi Stop & Start System (SSS) pada produk ini punya fungsi untuk menjaga konsumsi bahan bakar tetap efisien saat motor berhenti, dan Smart Motor Generator (SMG) sanggup membuat suara motor lebih halus saat dinyalakan.

All New Nmax 155 Connected/ABS juga memiliki desain baru berupa air cleaner box yang besar—seperti halnya new cylinder head dengan katup intake-nya—serta desain ruang bakar (combustion chamber) yang rapat dan menggunakan piston YZF-R15.

“Desain body All New Nmax 155 juga dirancang dengan desain rangka baru yang yang dapat meningkatkan kualitas serta kenyamanan berkendara,” sambung Morimoto. Ia menambahkan, kondisi demikian turut mengoptimalisasi fungsi suspensi depan dan belakang. “Chassis yang didesain rigid membuat berkendara lebih nyaman serta kemampuan bermanuver lebih baik.”

Tak hanya itu, All New NMax 155 Connected/ABS kian lengkap dengan Traction Control System (TCS)— sistem yang dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi. “Motor anyar ini menjadi motor pertama di kelas matik 150cc - 155cc yang memiliki fitur TCS,” ujar Morimoto. Dan seperti seri sebelumnya, All New NMax 155 Connected/ABS juga punya Smart Key System (sistem kunci tanpa anak kunci, Keyless) dan Electric Power Socket.

Sementara soal lampu, baik pada lampu depan maupun belakang, LED Head & Tail Light membuat cahaya kian terang, sekaligus lebih hemat energi dan tahan lama. Kehadiran Hazard Lamp yang berfungsi memberi tanda dalam situasi darurat, serta sistem Anti-lock Braking System (ABS)— dual channel yang membuat motor semakin stabil saat pengereman—membuat All New NMax 155 Connected/ABS kian lengkap dan aman.

All New NMax 155 Connected/ABS diluncurkan pertama kali di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Senin (2/12/2019). Di acara yang meriah itu, YIMM menggandeng rider kelas atas Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP Team) dan Michael van der Mark (Pata Yamaha WorldSBK Team), serta Galang Hendra Pratama, pembalap Yamaha Indonesia yang mendunia lewat ajang World Supersport 300.

Untuk pemesanan dan informasi lebih lengkap, sila kunjungi tautan ini.
DarkLight