Jose Mourinho Latih Timnas Indonesia? Media Dunia Heboh!

Oleh: Akhmad Muawal Hasan - 11 Mei 2016
Kabar bahwa Jose Mourinho akan melatih Timnas Indonesia membuat heboh media-media besar dunia.
tirto.id - Keinginan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mendatangkan Jose Mourinho atau Guus Hiddink untuk melatih Timnas Indonesia ternyata direspon serius oleh banyak media besar di dunia. Sejumlah media ternama ramai-ramai mengulas berita tentang pernyataan Menpora tersebut.

Reuters, misalnya, menurunkan berita dengan judul “Indonesia wants 'Special One' to Train National Team” atau “Indonesia Menginginkan 'Special One' (julukan Mourinho) untuk melatih Tim Nasional". Reuters menutupnya dengan menyebut Indonesia berada di peringkat 185 dalam ranking FIFA dan satu dari 4 negara calon tuan rumah Piala Asia 2023.

BBC dan AFP dari Inggris menurunkan judul yang nyaris sama, yaitu “Jose Mourinho Diinginkan Indonesia Sebagai Pelatih Kepala”. Begitu pula laman berita Metro.co.uk dan Fourfourtwo.com yang mengulas bahwa peluang pelatih asal Portugal itu untuk membesut Timnas Indonesia atau berlabuh ke Manchester United seperti yang kerap dirumorkan selama ini.

La Gazzetta, harian olahraga terkemuka Italia, menurunkan judul “Indonesia, il Ministro Dello Sport Vuole Mourinho in Nazionale, Oppure Hiddink” atau “Menteri Olahraga Indonesia Inginkan Mourinho dan Hiddink”. La Gazzetta juga membahas sanksi FIFA kepada PSSI sehingga Timnas Indonesia tak bisa berlaga di kompetisi internasional.

Laman berita Italia lain, La Repubblica, menurunkan judul “L'Indonesia tenta Mourinho: 16,5 milioni per avere lo Special One ct” atau “Indonesia mencoba Mourinho: 16,5 juta (euro) untuk The Special One”. Angka tersebut setara dengan Rp250 miliar yang dikonfirmasi sebagai nilai kontrak Mourinho per tahun. La Repubblica menilai kedatangan Mou ke Indonesia bisa menghasilkan antusiasme yang besar.

Berita yang sama diturunkan oleh laman berita Goal.com, yakni dengan judul “Indonesia yang Sedang Kena Sanksi FIFA Membidik Mourinho”. Sedangkan 20minuto, laman berita Spanyol, menurunkan berita dengan judul “Indonesia Ingin Merekrut Jose Mourinho”. (ANT)

Baca juga artikel terkait JOSE MOURINHO atau tulisan menarik lainnya Akhmad Muawal Hasan
(tirto.id - Olahraga)

Sumber: Antara
Penulis: Akhmad Muawal Hasan
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight