Jokowi Singgung Proyek Food Estate dalam Pidato Kenegaraan

Oleh: Andrian Pratama Taher - 14 Agustus 2020
Presiden Jokowi menyinggung rencana pembangunan food estate di sejumlah daerah di luar Kalimantan Kalimantan Tengah.
tirto.id - Presiden Jokowi menyinggung rencana pembangunan food estate di sejumlah daerah di luar Kalimantan Kalimantan Tengah. Ia mengatakan, pemerintah akan membangun Food Estate di Sumatera Utara dan beberapa daerah lain dalam menjaga ketahanan pangan.

Dalam pidato kenegaraan sidang tahunan DPR/MPR di kompleks parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020), Presiden Jokowi menyinggung soal pentingnya ketahanan pangan Indonesia. Jokowi berpendapat, ketahanan pangan memerlukan jaminan dari hulu produksi hingga hilir produksi. Salah satu cara pemerintah dengan pembangunan food estate.

"Food estate, lumbung pangan sedang dibangun untuk memperkuat cadangan pangan nasional, bukan hanya di hulu tetapi juga bergerak di hilir produk pangan industri," kata Jokowi, Jumat.

Jokowi menuturkan, food estate juga tidak hanya masalah soal produksi dan distribusi, tetapi juga menggunakan teknologi modern. Food estate akan digunakan tidak hanya untuk di dalam negeri, tetapi juga untuk pasar internasional.

Jokowi pun mengatakan, pemerintah tidak hanya membangun food estate. Ia mengatakan ada daerah lain yang akan dijadikan sebagai food estate bersama dengan stakeholder terkait.

"Saat ini sedang dikembangkan food estate di Provinsi Kalimantan Tengah dan Provinsi Sumatera Utara dan akan dilakukan kemudian di beberapa daerah lain yang merupakan sinergi antara pemerintah, pelaku swasta dan masyarakat sebagai pemilik lahan maupun sebagai tenaga kerja," kata Jokowi.

Proyek food estate merupakan salah satu program gagasan pemerintahan periode kedua Jokowi. Program ini dijalankan sebagai respons atas potensi krisis pangan yang disampaikan oleh Organisasi Pangan Dunia (FAO).

Program ini dipercayakan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Prabowo diminta untuk mengawal program food estate di lahan seluas 148 ribu hektar di Kalimantan Tengah.

Presiden pun sudah melakukan peninjauan bersama Prabowo, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, serta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada awal Juli 2020 lalu di Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Pulau Pisang, Kalimantan Tengah.


Baca juga artikel terkait PIDATO JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight