Jokowi Resmikan Terminal Baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin

Oleh: Ringkang Gumiwang - 18 Desember 2019
Presiden Jokowi meresmikan terminal baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan seluas 77.000 meter persegi.
tirto.id - Presiden Jokowi meresmikan terminal baru Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Kalimantan Selatan seluas 77.000 meter persegi.

Kepala Negara tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin pada pukul 11.40 WITA dan langsung meninjau terminal baru dan sekali-kali menyapa penumpang. Usai melihat kondisi terminal, Presiden terlihat puas.

"‎Saya tadi masuk ke bandara yang baru ini betul-betul kaget sekali, kaget karena biasanya di sana. Artinya bisa bayangin yang dulu kayak apa, sekarang kayak apa," kata Presiden dalam pidatonya di Kalimantan Selatan, Rabu (18/12/2019).

Presiden mengungkapkan terminal lama hanya memiliki luas 9.000 meter persegi dan terminal baru 77.000 meter persegi. Menurut Presiden, terminal baru dibutuhkan untuk mengantisipasi jumlah penumpang yang terus tumbuh di kisaran 7 persen.

"Delapan kali lipat dari yang lama. Kemudian kapasitasnya untuk penumpang yang sebelumnya 1,3 juga penumpang per tahun, di sini 7 juta penumpang per tahun. Kelihatan loncatannya sangat tinggi," tuturnya.

Presiden menambahkan pemerintah terus membangun infrastruktur agar bisa bersaing dengan negara maju lainnya. Presiden juga berharap bandara baru tersebut bisa disambungkan kawasan wisata dan industri.

"Kami kejar baik namanya jalan tol, airport, pembangkit listrik, pelabuhan, kawasan-kawasan industri. Semuanya berkaitan itu terus kami kejar," katanya.





Baca juga artikel terkait BANDARA SYAMSUDIN NOOR atau tulisan menarik lainnya Ringkang Gumiwang
(tirto.id - Ekonomi)

Sumber: Antara
Penulis: Ringkang Gumiwang
Editor: Ringkang Gumiwang
DarkLight