Jokowi Pastikan Tol Manado-Bitung Siap Diresmikan Oktober Nanti

Oleh: Felix Nathaniel - 1 April 2019
Presiden Jokowi menyampaikan tol Manado-Bitung di Manado, Sulawesi Utara rencananya akan dioperasionalkan pada Oktober mendatang.
tirto.id -
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peninjauan ke kawasan jalan tol penghubung Manado-Bitung, Manado, Sulawesi Utara.

Jokowi menegaskan peresmian operasional jalan tol itu bisa dilakukan pada Oktober mendatang.

Jokowi yang meninjau jalan tol pada Senin (1/4/2019) pagi mengatakan proses pembangunan jalan tol tersebut sudah mencapai 80 persen. Jalan tol ini diharapkan dapat menunjang kegiatan masyarakat.

"Nanti selesai jalan tol Bitung-Manado. Tadi sudah saya cek, sudah 80 persen selesai. Kalau nanti September, maksimal Oktober, operasional sudah kita resmikan," kata Jokowi di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Selatan, Senin (1/4/2019).

Jokowi menegaskan jalan tol ini bisa menunjang peran Bitung sebagai kawasan ekonomi khusus.

Dengan pemerataan pembangunan ini, mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap Indonesia makin banyak menghasilkan sesuatu untuk diekspor ke luar negeri.

"Ini akan ada yang namanya pemerataan pembangunan karena di kawasan timur, Maluku Utara, Sulawesi Utara," ucapnya lagi.

"Yang dulunya kita selalu mengekspor atau mengirim ke luar negeri barang mentah, nantinya akan ada pengelolaan industri di dalam negeri."

Jokowi juga meresmikan dua kawasan ekonomi khusus lainnya dan dua asrama mahasiswa di Bandara Sam Ratulangi. Setelah peresmian, Jokowi segera menuju ke dalam bandara dan rencananya meninjau kawasan Sentani di mana terjadi banjir besar sebelumnya.





Baca juga artikel terkait PROYEK JALAN TOL atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Maya Saputri
DarkLight