Jokowi, Megawati, dan Puan Tiba di Djakarta Theater

Oleh: Dieqy Hasbi Widhana - 17 April 2019
Calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) tiba di Djakarta Theater, Jakarta Pusat. Jokowi terlihat mengenakan kemeja putih dan celana hitam.
tirto.id - Calon presiden (capres) nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) tiba di Djakarta Theater, Jakarta Pusat. Jokowi terlihat mengenakan kemeja putih dan celana hitam.

Saat dimintai tanggapan soal hasil perhitungan suara, Jokowi belum bisa memberikan tanggapan. Jokowi meminta awak media untuk sabar menunggu.

"Sabar... Sabar... Tunggu sepuluh menit," ujar Jokowi.

Jokowi tampak tidak datang dengan pasangannya Ma'ruf Amin. Jokowi datang bersama Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.

Lokasi Djakarta Theater merupakan tempat berkumpulnya kubu paslon 01, Jokowi-Ma'ruf, Tim Kampanye Nasional (TKN), dan sejumlah tokoh lainnya untuk menyaksikan proses hitung cepat.

Dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, lembaga survei baru dapat mempublikasikan hasil pencoblosan dua jam setelah pemungutan suara di TPS wilayah Indonesia barat selesai.

Aturan itu tercantum dalam pasal 449 ayat 5, yang menyebut, "pengumuman prakiraan hasil penghitungan cepat pemilu hanya boleh dilakukan paling cepat 2 (dua) jam setelah selesai pemungutan suara di wilayah Indonesia bagian barat".

Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan menarik lainnya Dieqy Hasbi Widhana
(tirto.id - Hard News)


Penulis: Dieqy Hasbi Widhana
Editor: Gilang Ramadhan