Jokowi: Indonesia Salah Satu Negara Terbaik dalam Atasi COVID-19

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 20 Mar 2023 11:44 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Jokowi mengatakan WHO dan Johns Hopkins University memuji Indonesia dalam penanganan pandemi COVID-19.
tirto.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan Indonesia merupakan salah satu negara terbaik dalam mengatasi pandemi COVID-19. Indonesia juga dinilai memiliki cakupan vaksinasi COVID-19 yang baik dibandingkan negara-negara lain di dunia.

Jokowi mengatakan pujian tersebut datang dari Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom. Selain itu, Johns Hopkins University juga menyebut Indonesia sebagai negara yang berhasil menurunkan jumlah kasus COVID-19.

"Bukan kita yang ngomong. Mereka yang berbicara karena jelas kita berhasil menekan angka penularan, kita berhasil juga menekan angka kematian, dan kita juga berhasil menjaga stabilitas dan pertumbuhan ekonomi," kata Jokowi dalam acara Penghargaan Penanganan COVID-19 di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (20/3/2023).

Jokowi bercerita situasi awal-awal pagebluk sangat mencekam. Tak mudah baginya mengambil keputusan terkait penanganan pandemi COVID-19.

"Tidak mudah. Suasaanyan selalu awal-awal mencekam. kejadian besok apa, kejadian bulan depan apa, kejadian tidak bisa dihitung dan tidak bisa diprediksi. Bagaimana ekonomi kita tidak bisa diprediksi," katanya.

Jokowi lantas memuji semua pihak yang terlibat dalam penanganan pandemi COVID-19 di Tanah Air, mulai dari tenaga kesehatan, TNI, Polri, relawan hingga peran serta masyarakat.

"Semuanya bekerja mempertahankan seperti itu... Begitu kasusnya anu (turun) kita jangan sampai loyo lagi dengan problem-problem yang masih banyak kita hadapi," kata Jokowi.

Pemerintah menganugerahkan penghargaan kepada pihak yang berjasa dalam penanganan pandemi COVID-19 di Indonesia.

Penghargaan diberikan untuk kategori puskesmas, rumah sakit, laboratorium, sentr vaksinasi, media dan influencer, negara sahabat, organisasi internasional, perusahaan swasta dalam negeri, perusahaan swasta luar negeri, serta lembaga swadaya masyarakat.

Jokowi menekankan kerja sama semua pihak dalam menghadapi krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Ia berharap bangsa Indonesia belajar dari hal tersebut.

"Jangan hanya berhenti di urusan Covid. Penanganan pandemi COVID-19 menunjukkan kekuatan besar kita yang luar biasa sebagai sebuah bangsa besar," ujarnya.


Baca juga artikel terkait PANDEMI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight