Jokowi dan Maruf Amin Bacakan Sumpah Presiden dan Wakil Presiden RI

Oleh: Hendra Friana - 20 Oktober 2019
Joko Widodo dan maruf Amin membacakan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI masa jabatan 2019-2024.
tirto.id - Presiden dan Wakil Presiden RI terpilih 2019-2024 Joko Widodo dan Maruf Amin membacakan sumpah jabatan dalam sidang terbuka MPR di kompleks parlemen Senayan, hari ini, Minggu (20/10/2019)..

Sumpah jabatan tersebut diucapkan setelah ketua MPR membacakan kutipan hasil keputusan KPU RI atas Pilpres 2019 Mei lalu.

"Bismillahirahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UndangUndang Dasar dan menjalankan segala undangundang dan peraturannya dengan seluruslurusnya, serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," ucap Jokowi di bawah kitab suci Al-quran.

Selanjutnya, giliran Ma'ruf Amin berdiri dari kursinya, menuju mikrophone yang disediakan, dan yang membacakan sumpah.

"Saya berjanji dengan sungguhsungguh akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaikbaiknya dan seadiladilnya, memegang teguh UndangUndang Dasar dan menjalankan segala undangundang dan peraturannya dengan seluruslurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa," ucapnya.

Setelahnya, Pesiden dan wakil presiden terpilih itu menuju meja penandatanganan berita acara pelantikan. berita acara tersebut juga ditandatangani oleh pimpinan MPR.

Bamabang Soesatyo, ketua MPR Ri sekaligus pimpinan sidang pelantikan, lantas menyampaikan bahwa pergantian kekuasaan tertinggi di Indonesia telah dilakukan secara sah.

Penyerahan kekuasan tersebut juga dilakukan secara simbolik dengan bertukar posisinya kursi Maruf Amin dan Jusuf Kalla sebagai wakil presiden RI.

"Dengan telah diucapkannya sumpah tersebut mulai saat ini saudara Ir Joko Widodo dan saudara Prof Dr KH Maruf Amin adalah Presiden Republik Indonesia dan wakil presiden Republik Indonesia untuk masa jabatan 2019-2024," pungkas Bambang.

Baca juga artikel terkait PELANTIKAN PRESIDEN 2019 atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Politik)

Penulis: Hendra Friana
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight