Jokowi akan Lantik Agus Subiyanto jadi Panglima TNI Rabu Besok

Reporter: Fransiskus Adryanto Pratama, tirto.id - 21 Nov 2023 14:11 WIB
Jenderal Agus Subiyanto siap dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Jokowi pada Rabu besok.
tirto.id - Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengatakan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Agus Subiyanto, akan dilantik sebagai Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo pada Rabu (22/11/2023) besok.

"DPR RI sudah memberikan persetujuan atas pemberhentian dan pergantian panglima TNI yang akan datang atas nama Jenderal TNI Agus Subiyanto yang insyallah akan dilantik pada esok hari," kata Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

Dia mengatakan pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada presiden perihal waktu pelantikan Jenderal Agus setelah DPR mengelar rapat paripurna pengesahan KSAD itu sebagai Panglima TNI.

"Artinya, insyaallah kita akan memiliki Panglima TNI yang baru untuk bekerja semoga bisa kerja secara baik dan amanah," ucap Puan.

Jenderal Agus Subiyanto juga mengaku dirinya akan dilantik Presiden Jokowi pada Rabu besok.

"Insyaallah besok jam 10, Insyaallah oleh bapak presiden," kata Agus di Kompleks Parlemen Senayan.

Sebelumnya, DPR RI mengesahkan Jenderal TNI Agus Subiyanto, menjadi Panglima TNI menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono. Pengesahan Jenderal Agus Subiyanto sebagai Panglima TNI dilaksanakan dalam Rapat Paripurna DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (21/11/2023).

"Apakah laporan Komisi I DPR RI atas hasil uji kelayakan fit and proper test calon Panglima TNI tentang pemberhentian Laksamana TNI Yudo Margono dan menetapkan Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI itu dapat disetujui?" tanya Ketua DPR RI, Puan Maharani.

"Setuju," jawab peserta sidang paripurna DPR serempak.


Baca juga artikel terkait PELANTIKAN PANGLIMA TNI atau tulisan menarik lainnya Fransiskus Adryanto Pratama
(tirto.id - Politik)

Reporter: Fransiskus Adryanto Pratama
Penulis: Fransiskus Adryanto Pratama
Editor: Bayu Septianto

DarkLight