Jika Gagal SNMPTN 2019, Peserta Dapat Daftar PMDK-PN Hingga 6 April

Oleh: Ibnu Azis - 22 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Peserta yang tak lolos SNMPTN 2019 dapat mendaftar PMDK-Politeknik Negeri hingga 6 April.
tirto.id - Bagi siswa yang tidak lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019 dapat mendaftar Pendaftaran Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) yang dibuka hingga 6 April 2019.

PMDK-PN merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/MA yang akan melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri di seluruh Indonesia.

Pembukaan pendaftaran PMDK-PN 2019 sudah dimulai sejak 4 Februari sampai dengan 6 April 2019 secara daring di pmdk.politeknik.or.id.

Periode pendaftaran itu sudah termasuk pengisian data oleh sekolah dan pengisian data oleh siswa.

"Pendaftaran PMDK-PN gratis dan tidak dipungut biaya sama sekali oleh penyelenggara PMDK-PN," demikian pernyataan di situs webnya.

Sekolah bisa mendapatkan Username dan Password dengan cara mendapatkan undangan dari Politeknik atau melakukan Request Username dan Password langsung pada aplikasi dengan mengisi form dan persyaratan.

Setelah mendapatkan Username dan Password, Sekolah dapat mendaftarkan siswanya pada program PMDK-PN.

Sementara validasi berkas pendaftaran PMDK-PN 2019 dilakukan mulai 4 Februari-8 April 2019. Pengumuman PMDK-PN bakal dilakukan pada 16 April 2019.

"Bagi siswa yang lolos jalur PMDK-PN diharapkan segera melakukan daftar ulang sesuai ketentuan dan persyaratan masing-masing politeknik yang bersangkutan," kata penyelenggaran PMDK-PN.

Seperti diketahui bahwa hasil SNMPTN 2019 diumumkan pada 22 Maret 2019 pukul 16.00 WIB. Siswa yang dinyatakan lolos, dapat mengeceknya di alamat pengumuman.snmptn.ac.id.

Pengumuman SNMPTN 2019 ini dimajukan sehari agar proses seleksi jalur ini dapat diselesaikan lebih cepat.

Ketua Pelaksana Eksekutif Lembaga Tes masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Budi Prasetyo Widyobroto mengatakan, keputusan ini diambil untuk memberikan kesempatan bagi siswa yang tidak lolos SNMPTN 2019 agar dapat mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) gelombang pertama.

Pendaftaran UTBK Gelombang I sendiri akan ditutup pada Minggu, 24 Maret 2019 tepat pukul 22.00 WIB. Dua hari berikutnya, pendaftaran gelombang kedua dibuka.

Pembukaan pendaftaran UTBK Gelombang II akan dimulai pada hari Senin, tanggal 25 Maret 2019, pukul 10.00 WIB dan akan ditutup pada hari Senin, tanggal 1 April pukul 22.00 WIB

Sebagai informasi tambahan, siswa pendaftar yang diterima melalui jalur SNMPTN 2019 tidak diperbolehkan mendaftar Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019.


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH