Jika Gagal SNMPTN 2019, Peserta Bisa Daftar Sekolah Tinggi & Poltek

Oleh: Ibnu Azis - 22 Maret 2019
Dibaca Normal 2 menit
Gagal di SNMPTN 2019 bukan akhir segalanya, karena peserta dapat berkuliah di Sekolah Tinggi dan Politeknik terkemuka.
tirto.id - Peserta yang tak dinyatakan lolos dalam tahapan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2019, masih punya kesempatan untuk berkuliah termasuk di Sekolah Tinggi dan Politeknik terkemuka. Di antaranya, Sekolah Tinggi Pertanahan, Politeknik AKA Bogor, Politeknik APP Jakarta, PEM Akamigas, Politeknik Statistika STIS, Politeknik STMI, dan Sekolah Tinggi Transportasi Darat.

Pengumuman hasil SNMPTN 2019 dapat dipantau di situs pengumuman.snmptn.ac.id sejak Jumat (22/3/2019) pukul 16.00 WIB. Namun, gagal dalam seleksi tersebut bukan akhir segalanya, karena peserta juga masih dapat mengikuti Pendaftaran Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN) yang dibuka hingga 6 April 2019.

Adapun Sekolah Tinggi dan Politeknik terkemuka di atas dapat menjadi opsi pula bagi peserta yang ingin menjutkan studi di luar jalur SNMPTN 2019.

STPN

Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) merupakan perguruan tinggi kedinasan di Indonesia yang diselenggarakan oleh Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia.

Untuk Sekolah Tinggi Pertanahan, jadwal pendaftarannya dibuka mulai tanggal 13 Maret sampai dengan 13 April 2019. Adapun pengumuman hasil seleksi direncanakan pada tanggal 17 April 2019 melalui website stpn.ac.id dan bpn.go.id.

Terkait mekanisme registrasinya, peserta dapat mengunduh formulir pendaftaran dan daftar riwayat hidup di situsn stpn.ac.id. Berkas pendaftaran paling lambat diterima panitia pada tanggal 15 April 2019 yang dikirim melali jasa pos. Untuk informasi selengkapnya dapat dibaca di laman berikut ini.

Sekolah Tinggi Transportasi Darat

Sekolah Tinggi Transportasi Darat merupakan perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan.

Sekolah Tinggi Transportasi Darat membuka pendaftaran jalur Pola Pembibitan tanggal 1-30 April 2019 melalui laman sipencatar.dephub.go.id. Untuk seleksi kompetensi dasar pada 13-17 Mei 2019, sedangkan endaftaran Jalur Reguler dibuka pada 13 Mei-14 Juni 2019.

Pengumuman peserta tes akademik akan dilakukan pada 21 Juni 2019, sedangkan pelaksanaan tes akademik dan psikotes pada 24-28 Juni 2019. Berikutnya, pengumuman hasil tes akademik dan psikotes pada 5 Juli 2019.

Untuk pelaksanaan tes kesehatan dan wawancara pada 9-12 Juli 2019. Pengumuman hasil akhir pada 19 Juli 2019. Untuk melihat syarat dan tahapan selengkapnya dapat dilihat di laman berikut ini.

Politeknik STMI

Politeknik STMI Jakarta memiliki 4 gelombang pendaftaran, terakhir pada 24 Juni-26 Juli 2019.

Politeknik STMI adalah salah satu lembaga perguruan tinggi dibawah binaan Kementerian Perindustrian RI. Untuk syarat pendaftaran termasuk tahapannya, dapat dilihat lengkap di alamat berikut ini.

Politeknik Statistika STIS

Politeknik Statistika STIS adalah perguruan tinggi kedinasan di lingkungan Badan Pusat Statistik. Pembinaan secara fungsional Politeknik Statistika STIS dilaksanakan oleh Kepala Badan Pusat Statistik, namun secara pembinaan secara teknis akademik dilaksanakan oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Politeknik Statistika STIS tak merinci detail soal tahapan dan syarat, hanya mencantumkan tanggal pendaftarannya, yakni 9-30 April 2019. Untuk informasi lebih jauh dapat memantau situs resmi perguruan tinggi ini di alamat berikut, guna memantau pengumuman selanjutnya.

PEM Akamigas Cepu

Merupakan Perguruan Tinggi Kedinasan di bawah Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia yang melaksanakan pendidikan pada jalur pendidikan profesional Program Diploma I, II, III dan IV.

Penerimaan mahasiswa baru PEM Akamigas tahun akademik 2019/2020 dibuka untuk program studi Teknik Produksi Minyak dan Gas, Teknik Pengolahan Minyak dan Gas, Teknik Instrumentasi Kilang, Teknik Mesin Kilang, dan Logistik Minyak dan Gas.

Untuk pendaftarannya dibuka sejak 18 Maret sampai dengan 19 April 2019. Terkait syarat dan tahapan pendaftaran, dapat dibaca lengkap di laman resminya berikut ini.

Politeknik APP Jakarta

Politeknik APP Jakarta merupakan salah satu Perguruan Tinggi di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, yang dahulunya bernama Akademi Pimpinan Perusahaan (APP).

Untuk penerimaan mahasiswa barunya, melalui jalur PPKA Undangan dan Reguler (Seleksi Nilai Rapor). Pendaftaran PPKA Undangan dan Reguler dilakukan pada 4-27 Maret 2019. Untuk pengumumannya pada 2 April 2019. Sementara tahapan registrasi ulang pada 4-5 April 2019. Selengkapnya dapat dibaca di laman resminya berikut ini.

Politeknik AKA Bogor

Politeknik AKA Bogor merupakan Perguruan Tinggi Vokasi dibawah Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri Kementerian Perindustrian, namun bukan Ikatan Dinas. Politeknik AKA Bogor menyelenggarakan tiga program studi, yaitu D3 Analisis Kimia, D3 Penjaminan Mutu Industri Pangan, dan D3 Pengolahan Limbah Industri.

Penerimaan mahasiswa baru Politeknik AKA Bogor tahun akademik 2019 melalui jalur seleksi undangan telah berakhir pada 8 Maret 2019. Namun, masih tersedia jalur lain, yakni melalui Seleksi Rapor (2 Januari-29 Maret 2019), Jalur Ujian Masuk Gelombang 1 (2 Januari-8 Mei 2019), dan Jalur Ujian Masuk Gelombang 2 (13 Mei-11 Juli 2019).

Pendaftaran online Politeknik AKA Bogor dilakukan di alamat pmb.aka.ac.id. Untuk syarat dan tahapan pendaftaran selengkapnya dapat dibaca lebih lanjut di lamar resminya berikut ini.


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2019 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Pendidikan)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH