Jenderal Gatot Ditemani Ari Sigit Ziarah ke Makam Soeharto

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 19 September 2017
Dibaca Normal 1 menit
Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo ditemani cucu Soeharto, Ari Sigit, ziarah ke makam Presiden ke-2 Indonesia.
tirto.id - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo berziarah ke makam Presiden ke-2 Indonesia Soeharto yang dimakamkan di Astana Giribangun Karanganyar, Selasa (19/9/2017). Panglima datang didampingi oleh keluarga besar Presiden ke-2 Indonesia Soeharto diwakilkan oleh Ari Sigit.

Gatot juga didampingi istri dan jajarannya yakni Kepala Staf Angkkatan Darat Jenderal TNI Mulyono, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, serta Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Hadi Tjahyanto dan

Ziarah itu dilakukan Gatot dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-72 TNI yang diperingati setiap tanggal 5 Oktober.

Sesampainya di Astana Giribangun Panglima beserta seluruh Kepala Staf transit ke Wisma Lerem kemudian menuju ruang Argo Sari atau cungkup tempat di mana jenazah Soeharto dan Tien Soeharto dimakamkan lalu dilanjutkan dengan doa bersama dan tabur bunga.

“Kami bersama jajaran TNI sebelum melakukan ziarah di makam Presiden ke-2 Soeharto Giribangun Karanganyar, ke makam Presiden pertama Soekarno di Blitar dan Presiden ke-4 Abdul Rahman Wahid (Gus Dur) di Rembang,” kata Jenderal Gatot, seperti dikutip Antara.

Menurut Gatot, ketiga pemimpin tersebut harus menjadi tauladan karena makamnya banyak dikunjungi masyarakat rata-rata sekitar 1.000 orang setiap harinya.

Sigit sebagai wakil dari keluarga besar Soeharto menyampaikan terima kasih atas kegiatan ziarah oleh TNI.

“Kami berharap kegiatan ini, dapat dilakukan setiap tahun dalam HUT TNI,” katanya.

Usai ziarah di makam Soeharto, Jenderal pada Selasa sore dijadwalkan untuk mengunjungi Timor Leste bersama sejumlah warakawuri TNI-AD atau wanita yang ditinggal mati oleh suaminya dengan terlebih dahulu transit di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Panglima TNI dijadwalkan akan mendarat di Bandara El Tari, Kupang, dengan pesawat khusus sekitar pukul 17.30 WITA, sebelum melanjutkan penerbangan ke Timor Leste," kata Kepala Penerangan Korem 161/Wirasakti Kupang Mayor IBP Diana S kepada Antara di Kupang, Selasa (19/9/2017).

Ia menjelaskan kunjungan Gatot ke Kupang hanya sebatas transit sekaligus menjemput tiga warakawuri asal NTT sebelum melanjutkan terbang ke Timor Leste.

IBP Diana menjelaskan kunjungan Gatot ke Timor Leste untuk ziarah ke Taman Makam Pahlawan Seroja di Dili serta TMP Baucau bersama para warakawuri.

Baca juga artikel terkait ZIARAH atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Dipna Videlia Putsanra
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra