Jelang May Day, Jokowi Resmikan 6.000 Unit Rusun Bagi Buruh

Oleh: Agung DH - 27 April 2017
Pemerintah mulai menggarap proyek 6 ribu unit rusun bagi buruh di Tangerang Selatan. Proyek rusun murah di daerah kantong buruh ditargetkan selesai 2019 mendatang.
tirto.id - Menjelang peringatan Hari Buruh pada 1 Mei (May Day), Presiden Joko Widodo meresmikan dimulainya pembangunan rumah susun sederhana milik (rusunami) di Kelurahan Serua, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (27/4/2017).

Mengenakan kemeja putih lengan panjang, Jokowi tiba di lokasi peresmian sekitar pukul 09.00 WIB dan setiba di lokasi langsung meninjau maket proyek pembangunan rusunami ini.

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri yang hadir dalam acara itu mengatakan rusunami bernama Loftvilles Serpong itu terdiri dari 6.000 unit apartemen yang menjadi bagian dari program satu juta rumah. "Diharapkan pembangunannya selesai dalam dua tahun," kata Hanif, Kamis (27/4).

Menurut Hanif, program serupa juga telah dilakukan di kantong-kantong buruh seperti Ungaran, Jawa Tengah dan beberapa kota lain. Menurut dia, dengan adanya Rusunami sangat membantu buruh mendapatkan perumahan layak huni yang sangat terjangkau.

Hanif optimistis, reputasi PT PP selaku pelaksana proyek, perumahan ini akan selesai sesuai rencana dengan kualitas yang terjaga.

Presiden Komisaris BUMN PT PP Andi Gani menjelaskan, Loftvilles Serpong berdiri di atas lahan 8,2 hektare yang terdiri dari 11 tower.

Sembilan tower di antaranya terdiri 6.000 unit khusus untuk buruh yang mendapatkan subsidi pemerintah dan dua tower lain untuk perumahan komersil nonsubsidi.

Luas bangunan tiap rumah adalah 32 m yang terdiri dari dua kamar tidur, satu kamar mandi, dapur dan ruang keluarga.

Baca juga artikel terkait HARI BURUH atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH
DarkLight